Buku, Buku dan Buku A Room Without Books Like a Body Without Soul

Review Buku Two Kisses For Maddy

September 3

Two Kisses For Maddy

Judul Buku : Two Kisses For Maddy | Dua Kecupan Untuk Maddy
Penulis : Matt Logelin
Penerjemah : Nadya Andwiani
Penerbit : Serambi
Jumlah Halaman : 432 Halaman
Harga : Rp. 55.000
ISBN : 9789790243248

Karena kamu, Ayah sanggup menghadapi seumur hidup kenangan.

Bagi saya yang seorang perempuan, punya bayi yang baru lahir itu memang butuh kesabaran ekstra, gak jarang kena baby blues, kadang jadinya pengen marah karena gak tahu itu bayi nangisnya kenapa dan kerasa capek. Tapi…. itu semua menyenangkan ketika melihat senyuman di bibir mungilnya lalu semua rasa lelah terbayar dengan kebahagiaan yang tak terkira.

Bagaimana jika semua itu justru dialami seorang pria? Seorang Ayah yang harus rela menjadi ayah sekaligus ibu bagi bayi prematurnya, ya karena si ibu harus meninggalkan mereka. Dialah Matt Logelin yang harus membesarkan Maddy, putri tercintanya setelah ditinggal Liz Logelin, sang istri yang meninggal sebelum sempat melihat dan memberikan pelukan pada Maddy.

Diawali dengan cerita Matt tentang perjumpaannya dengan Liz dari SMA. Yang satu cowok kuper dan satunya cewek populer dan pintar, mereka bertemu dan memadu kasih. Hingga saat kuliah, Liz dan Matt harus merasakan LDR. Liz yang bekerja paruh waktu sambil kuliah rela menyisihkan uang hasil kerja paruh waktunya untuk membelikan Matt tiket, biar Matt bisa liburan dan ketemu Liz gitu ceritanya.

Mereka berdua akhirnya menikah. Dengan kepandaiannya Liz mendapatkan pekerjaan dengan posisi yang baik dan gaji yang cukup besar daripada Matt yang cenderung lebih santai. Namun, di tahun kedua pernikahan mereka, Liz memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya terdahulu dan Matt pun mendapatkan pekerjaan yang lebih mapan. Hidup mereka bahagia, apalagi setelah diketahui Liz hamil.

Read the rest of this entry »

Review Buku Sakinah Bersamamu

January 23

Sakinah Bersamamu

Judul Buku : Sakinah Bersamamu
Penulis : Asma Nadia
Penerbit : Asma Nadia Publishing House
Jumlah Halaman : 344 Halaman
Harga : Rp.55.000
ISBN : 9786029672558

Boleh dibilang saya adalah salah satu pembaca setia buku-bukunya Mbak Asma Nadia. Hampir seluruh bukunya, apalagi yang non fiksi saya punya dan tentu saya sudah baca. Setelah tau Mbak Asma menelurkan buku baru, saya langsung pesen deh bukunya sama Mbak Retno (Halamanmoeka), karena setau saya pertengahan Desember 2010 lalu buku ini blom ada di Palembang. Saya suka sebel sih emang klo buku yang kita tunggu-tunggu nongolnya lama di Gramedia atau toko buku di Palembang sini.

Masih sama dengan beberapa buku Mbak Asma sebelumnya, Sakinah Bersamamu juga buku yang bercerita tentang pernikahan, lebih tepatnya cerita-cerita yang sering kita temukan dalam rumah tangga. Tapi, kali ini Mbak Asma mengemas ceritanya dengan menarik, ga cuma cerita saja tapi juga ditambah dengan pembahasan dari cerita tersebut.

Ada 17 cerita dalam rumah tangga yang kerap kali dirasakan banyak pasangan, seperti juga saya dan suami. Ga semua cerita memang, cuma beberapa cerita bikin saya senyum-senyum sendiri karena pas banget kayak apa yang saya rasain ke suami. Misalnya, cerita ‘Ngambek’ itu. Ah, suami saya juga tipikal seperti itu, suka ga ngeh kalo istri ngambek, yang ada kitanya yang gondok sendiri. Tapi setelah dijalani, saya mengerti banyak hal, saya ngerti kalo suami saya emang tipe yang harus apa-apa diomongin langsung. Jangan berharap ada kejutan deh πŸ™‚ Jadi, klo pengen dibeliin sesuatu langsung ngomong aja, klo nunggu dia inisiatif beliin, bisa kelamaan nunggunya :senyum:

Read the rest of this entry »

Review Buku Happy Parenting

February 22

Happy Parenting

Judul Buku : Catatan Cinta Ibu | Happy Parenting
Penulis : Meidya Derni
Penerbit : Lingkar Pena
Jumlah Halaman : 201 Halaman
Harga : Rp. 33.000

Mumpung masih segar dalam ingatan, saya baru saja selesai membaca buku ini. Buku parenting pertama yang saya baca setelah lahirnya Alaya. Saya akui, saya tergolong muda untuk menjadi ibu dan saya mengerti betul banyak orang diluar sana banyak yang masih sanksi, apakah para ibu muda mampu mengasuh dan mendidik anaknya dengan baik. Maka dari itu, saya belajar untuk menjadi ibu yang baik, tentunya dengan tidak menanggalkan status saya sebagai istri, hingga saya bertekad untuk menjadi istri dan ibu yang baik, paling tidak untuk suami dan anak-anak saya kelak.

Ini juga kali pertama saya membaca buku tulisan Meidya Derni yang sudah terkenal menelurkan buku-buku mengenai parenting. Saya beli buku ini sebagai langkah pertama untuk tujuan saya tersebut diatas.

Awal membaca buku ini membuat saya merasa jadi orang tua itu susah, kok ya judulnya Happy ya? :tanya:. Kenapa saya bilang gitu? ya, bab pertama saja diceritakan tentang pendidikan yang buruk dari orang tua pada anaknya, ortu tidak memperdulikan anaknya sehingga anaknya menjadi ‘anak nakal’. Jelas memang, menjadi orang tua itu tidak semudah yang dibayangkan. Pendidikan saja tidaklah cukup untuk dapat menjadikan kita orangtua yang baik, tapi juga butuh keterampilan. Saya setuju dengan ini, ga heran kan kalo ada profesor di kampus terkenal punya anak yang tidak sopan, tidak menghargai orang lain bahkan menyakiti dirinya sendiri.

Read the rest of this entry »

Review Buku Istana Kedua

December 1
Istana Kedua

Istana Kedua

Judul Buku : Istana Kedua
Penulis : Asma Nadia
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 243 Halaman
Harga : Rp. 29.000

Ini memang buku lama, sekitar tahun 2007, dan belinya pun tahun lalu waktu ke Gramedia Matraman balik dari PB08 πŸ˜€ cuma memang baru sempet baca bener sekarang, waktu kemarenan sempet nge-quote dikit ajah πŸ˜€

Buku ini memang bercerita tentang poligami, bagaimana laki-laki dengan mudahnya bisa punya istri lagi, bahkan terkadang tanpa restu istri pertama. Seorang Arini yang menyadari suaminya, Prasetya, telah mempunyai istri lagi juga tanpa diketahuinya. Mei Rose, yang telah merampas Pras dari Arini dan dia cukup merasa puas dengan titel istri kedua.

Saya harusnya bertanya, mungkin pada suami-suami yang menganut Poligami, apa yang membuat mereka lantas beristri lagi? Istrinya tidak secantik dulukah? sudah melebar karena sudah punya anakkah? atau justru hanya karena sudah jatuh cinta dengan perempuan lain sehingga dengan mudahnya beristri lagi?

Saya baca dibuku ini, ada yang menginginkan istrinya mudah masuk surga, hingga sang suami berpoligami. Entah kenapa berasa klise deh jawaban yang kayak gitu. Setau saya, bila istri sudah menjalankan kewajibannya terhadap suami juga anak-anak dengan baik, dan suami ridho akan istrinya, sang istri telah mendapat tempat sendiri di surga-Nya. Itu pula sebenarnya yang ada dalam benak Pras, tapi kenapa akhirnya ia lantas tetap menikahi Mei Rose? Silahkan aja dibaca dibuku ini. Walo, jujur ya saya ga suka endingnya, kayak ndak ada akhir gitu :piss:

Akhirnya, saya juga bertanya pada suami, apa setelah saya melahirkan, lantas saya tidak terlihat cantik lagi? terlihat lebih lebar? dan saya menemukan jawaban yang saya yakini dalam senyum suami saya, bahwa insya Allah kami akan bersama sampe maut memisahkan πŸ™‚

Review Buku Muhasabah Cinta Seorang Istri

November 25
Muhasabah Cinta Seorang Istri

Muhasabah Cinta Seorang Istri

Judul Buku : Muhasabah Cinta Seorang Istri
Penulis : Asma Nadia, dkk
Penerbit : Asma Nadia Publishing House & Lingkar Pena
Jumlah Halaman : 228 Halaman
Harga : Rp. 44.000

Satu lagi buku Asma Nadia, dkk yang saya baca, ini buku baru loh πŸ˜€ Buku kali ini mengumpulkan beberapa penulis untuk menulis tentang kelebihan dan kekaguman mereka terhadap suami mereka. Asli, ini buku keren abiz. Baru 2-3 kisah saya baca, saya langsung bilang ke suami, “Kak, kayaknya saya juga bisa nulis kayak gini, cerita soal suami, lancar banged deh pasti saya nulisnya” :p Ga lama kemudian, suamikupun ikutan baca :baca:

Sebagai istri, inilah saatnya mengakui kekaguman, kelebihan dan kecintaan pada suami. Walau suami juga punya kekurangan, jangan lihat itu semua sebagai hal yang menjadi kendala, terima apa adanya dan berusaha untuk melihat semuanya dari sisi positifnya.

Ada suami yang ga romantis, tapi istrinya pengen sekali-kali dikasih bunga, coklat atau candle light dinnerΒ  di hari ulang tahun pernikahan. Boro-boro memberikan salah satu dari itu, suaminya ga inget kalo hari itu di tiap tahunnya hari ultah pernikahan mereka. Ada istrinya yang cuek banged walo suaminya dah bersikap romantis, bawain bunga, malah istrinya bilang “buat apa bunganya?” huhehehehe :p Lucu-lucu memang, tapi mereka menceritakan betapa suami mereka adalah pemimpin keluarga yang terbaik. Satu lagi, usia pernikahan mereka rata-rata sudah menapai 10 tahun loh, jadi saya berasa masih cupu untuk nulis soal suami dan istri karena usia pernikahan kami aja belum genap 2 tahun. :ting:

Read the rest of this entry »

Review Buku La Tahzan for Mother

June 9
La Tahzan for Mother

La Tahzan for Mother

Judul : La Tahzan for Mother
Pengarang : Asma Nadia, DKK
Penerbit : Lingkar Pena

Kebiasaan beli buku, jadi lupa kapan tepatnya beli buku ini. Cuma, karena tugas kampus yang udah dicicil jadinya lumayan jadi ada waktu untuk baca buku dan nonton dvd serial lagi. Beda dengan nonton yang sering ketiduran, kalo baca buku mah kuat sampe khatam dulu tuh buku baru ketiduran :senyum:

Saya sadari, sebentar lagi saya akan menjadi ibu. Sebelumnya, saya adalah seorang anak dari seorang ibu. Buku ini membawa saya untuk lebih mencintai ibu saya. Buku ini mengingatkan saya tentang betapa berat perjuangan ibu melahirkan kita, membesarkan kita dan yang paling sulit adalah mendidik anak-anaknya untuk menjadi anak yang saleh dan saleha, juga berguna bagi negara.

Berat memang. Seberat cerita yang dilukiskan beberapa ibu dalam buku ini, yang tetap berjuang dengan sabar untuk membesarkan anak-anaknya walo berbagai cobaan diberikan. Saya belajar untuk bisa seperti mereka (ibu dalam buku ini), karena saya sadari sepenuhnya, bukanlah hal mudah untuk menjadi ibu sekaligus orangtua yang sempurna dimata anak-anak kita. :ting:

Allah, karuniakanlah kepada setiap Bunda
Rasa ikhlas, kesabaran dan cinta

Buku-Buku Pranikah

January 5

Kebetulan lagi beberes lemari buku. OMG, lemari udah ga muat menampung buku-buku, jadi banyak yang ditumpuk-tumpuk aja πŸ˜‰

Sekedar mau berbagi nih. Ini beberapa daftar buku yang saya dan suami punya dan baca sebelum menikah, barangkali aja ada yang berminat baca-baca juga sebelum akhirnya melepas masa lajang πŸ˜€

Sebagian Buku Pranikah Kami

Sebagian Buku Pranikah Kami

  1. Amru Khalid. Melamar Bidadari dengan Shalat Malam. Mirqat. 2004
  2. Asma Nadia, DKK. Kisah Kasih di Negeri Pengantin. Lingkar Pena. 2005
  3. Haekal Siregar. Nikah Dini Kereeeeeen! #1. Zikrul Remaja. 2005
  4. Haekal Siregar. Nikah Dini Kereeeeeen! #2. Zikrul Remaja. 2005
  5. Jazimah Al Muhyi. Jangan Sembarang Nikah Dini. Lingkar Pena. 2006
  6. Kinoysan. Tahajud Cinta. Lingkar Pena. 2006
  7. Kinoysan. Istiqarah Cinta. Lingkar Pena. 2008
  8. Mas Udik Abdullah. Kuliah Kerja dan Nikah. Pro-U Media. 2006
  9. Mohammad Fauzil Adhim. How to Get Married. Mizan Publishing. 2007
  10. Mohammad Fauzil Adhim. Indahnya Pernikahan Dini. Gema Insani. 2002
  11. Mohammad Fauzil Adhim. Saatnya Untuk Menikah. Pro-U Media. 2005
  12. Muhammad Muhyidin. Nabi Aja Kagak Nikah Dini. Diva Press. 2006
  13. Munawar Zaman. Jangan Takut Married. DAR Mizan. 2006
  14. O. Solihin & Hafidz341. Loving You Merit Yuk!. Gema Insani. 2005
  15. Leyla Imtichanah. Taaruf Keren, Pacaran Sori Men!. Lingkar Pena. 2007

Ini cuma sekedar berbagi loh, karena menurut saya, baca aja ga jadi masalah, karena semua orang pasti akan menikah :senyum:

*Saya malah baca beberapa buku diatas sebelum saya menemukan pasangan hidup loh* :ting: