Buku, Buku dan Buku A Room Without Books Like a Body Without Soul

Buku Terbaik Pilihan Pembaca Goodreads 2012

December 5

Seperti biasa, tiap tahunnya Goodreads memberikan kesempatan semua penggunanya untuk memilih buku terbaik di setiap kategori. Dari mulai menentukan nominasinya hingga terpilih pemenangnya.

Saya sendiri gak ikut milih sih ya, karena memang buku yang jadi nominasi memang buku-buku luar yang keren tapi berbahasa Inggris dan saya lama biasanya untuk ngelarin baca buku begitu.

Bagi yang mau lihat buku apa aja yang menang buku terbaik pilihan para pembaca Goodreads tahun 2012, ini dia….

Read the rest of this entry »

Festival Pembaca Indonesia 2011

December 5

Sempat mikir ga jadi lagi ke Festival Pembaca Indonesia atau Indonesian Reader Festival (IRF) 2011 akhirnya kemaren bisa hadir dan menikmati acara besar tahunan yang diselenggarakan temen-temen Goodreads Indonesia (GRI). Ini kali pertama saya hadir di IRF, setelah tahun lalu sukses diadakan pertama kali. Jadi ya, saya ga bisa bandingin tahun lalu apakah lebih rame dan lebih seru dibanding tahun ini. Saya merasa harus banyak belajar dari temen-temen GRI biar bisa bikin acara seru kayak gini juga nantinya.

sempetin foto sama mbak Indah dan Helvry

Pagi itu saya hadir sebelum jadwal yang seharusnya jam 10 pagi, tapi disana saya melihat semua sudah pada siap. Arena bookswap (tukar buku) udah mulai disusun, semua booth yang ada udah tinggal rapi-rapi, tenda untuk nonton film udah siap, pohon buku udah ada, diskusi buku tinggal jalan. Saya acungi jempol deh untuk temen-temen panitia IRF kali ini. Sebelum pada rame saya duduk di boothnya Ijul dan saya melongo liat ijul buka booth dengan bawa 1 kontainer + 1 tas gede berisi buku koleksi pribadinya, yang emang blom semuanya dibaca. Saya tau Ijul lah, kami punya kemiripin soal selera buku, tapi ngasih rating buku ya blom tentu sama 😀

booth WWF

Jam 10 lebih akhirnya saya memutuskan untuk keliling ke semua booth yang ada, mulai dari depan sampe ke belakang, ga lupa sambil kenalan dengan temen-temen GRI yang beberapa baru kenal namanya doang. Ada WWF yang ngasih dongeng ke anak-anak, saya terharu ada juga booth laen seperti Rumah Dongeng, mereka dengan sabar ngasih dongeng ke anak-anak hampir satu per satu dan anak-anak yang dateng pun menyimak dengan seneng. Saya sadar, untuk membangun generasi membaca itu emang harus sejak dini, kalo dari kecil mereka udah kenal buku lebih baik dari maen game, kebiasaan membaca itu akan tumbuh sampe gede. Saya mengalami itu, walo Mama dan Papa ga ngasih dongeng sebelum tidur, orang tua saya sering banget beliin majalah atau buku bacaan kayak Bobo, Paman Gober malah berlangganan. Walo ga semua orangtua bisa seperti itu, ada banyak cara kok untuk menumbuhkan kesukaan membaca.

booth AIUEO

booth AIUEO

Contohnya, ada AIUEO yang memberikan fasilitas membaca gratis untuk umum, yang biasanya hadir pada Minggu ke 2 dan terakhir Car Free Day, pukul 7 – 10 WIB di Bundaran HI, Jakarta. Mungkin ga banyak dari kita ada yang tau soal ini, tapi gerakan seperti ini terbukti bisa menumbuhkan kesukaan membaca. Saya salut sama AIUEO ini, dan sekaligus membuat saya sadar saya sendiri punya banyak buku tapi belum bisa memberikan fasilitas seperti itu khususnya pada anak-anak.

Read the rest of this entry »

Review Buku Cinta Tak Pernah Mati

September 3

Cinta Tak Pernah Mati

Judul Buku : Cinta Tak Pernah Mati
Penulis : Akutagawa, Balzac, Bjornson, Chekhov, Dostoevsky, Galsworthy, Henry, Joyce, Kipling, Maugham, Maupassant, Poe, Strindberg, Tagore, Tolstoy, Twain, Zola.
Penerjemah : Atta Verin dan Anton Kurnia
Penerbit : Gita Cerita Utama (Serambi Ilmu)
Jumlah Halaman : 227 Halaman
Harga : Rp. 35.000
ISBN : 9789790243576

“Buku seharusnya menjadi sebilah kapak es yang sanggup memecahkan kebekuan di dalam diri kita” – Franz Kafka-

Cinta memang ga pernah ada habisnya buat diceritakan. Sesungguhnya memang cerita cinta ga pernah mati, selalu ada saja yang bisa diceritakan dan cerita seperti ini tak pernah membuat orang bosan. Saya salah satunya. Sebagai penyuka cerita cinta, cerita romantis, romansa, metropop dan apa lagi itu namanya, rasanya kurang afdol kalo ga baca buku ini.

Katakanlah, dari beberapa penulis yang namanya ada dalam buku ini, mungkin hanya sebagian saja saya tau, seperti Henry, Kipling, Poe dan Twain, selebihnya hampir saya baru dengar. Padahal ya, mereka ini adalah pengarang terkemuka dari berbagai negara, sastrawan yang namanya sudah punya banyak karya. Saya senang akhirnya karya-karya klasik dari berbagai belahan dunia ini akhirnya diterbitkan lagi, apalagi dengan kumpulan cerita. Jadi, kita bisa membaca karya-karya terbaik pengarang-pengarang ternama ini dalam satu buku.

Read the rest of this entry »

Review Ebook Si Badut, Orang Gila dan Bapak Presiden

December 2

Ebook @captainugros

Judul Ebook : Si Badut, Orang Gila dan Bapak Presiden
Penulis : Fajar Nugros
Penerbit : Evolitera
Jumlah Halaman : 44 Halaman
Harga : Free
ISBN : 9786028861489

Baru kali ini saya baca karyanya Fajar Nugros.
Sebenarnya nama Fajar Nugros atau di twitter dikenal dengan @captainugros sudah lama malang melintang di dunia perfilman, sebut saja film Queen Bee yang juga disebut dalam buku (ebook) ini.

Buku ini semacam kumpulan cerita tapi pendek-pendek, mungkin bisa dibilang kumpulan cerpen ala Nugros. Saya bilang seperti itu karena dengan membaca buku ini, kita jadi tau bagaimana sutradara yang katanya kacangan itu.

Seperti judulnya, buku ini memang bercerita banyak sekali tentang Badut. Ya… Badut adalah tokoh sentral yang dibuat penulis dalam semua cerpen di buku ini. Kumpulan cerpen ini bukanlah sekedar kumpulan cerpen, tapi juga saya pikir adalah unek-unek yang dituangkan penulis dalam sebuah buku. Unek-unek tentang negara ini. Jelas terlihat sekali bahwa Fajar Nugros adalah orang yang ‘ngeh’ bener dengan kondisi politik negara ini. Badut, Orang Gila dan Bapak Presiden menjadi sesuatu yang dibuat segar dalam situasi politik yang kadang membuat kita membutuhkan badut sebagai penghibur, membuat kita menjadi orang gila dan sekaligus nyindir bapak presiden.

Mungkin buku ini berat jika bercerita tentang keadaan politik negara ini, tapi penulis berhasil membuatnya menjadi lebih ringan dan terkadang membuat saya tersenyum lucu 😀

Read the rest of this entry »

Review Buku Diary si Bocah Tengil 1

November 27

Diary si Bocah Tengil

Judul Buku : Diary si Bocah Tengil
Penulis : Jeff Kiney
Penerbit : Penerbit Atria
Jumlah Halaman : 216 Halaman
Harga : Rp. 34.900
ISBN : 9789791411202

Pada awalnya tertarik sekali liat cover Diary Si Bocah Tengil ini. Saya merasa covernya lucu, bener-bener kayak diary, ada gambar Greg yang digambar dengan pensil seperti di tempet di depan diary ini, untuk memberi tahu kita si pemilik diary.
Ternyata, bukan cuma covernya yang bikin menarik, pas buka halaman demi halamannya pun membuat saya jatuh hati. Gimana ga? Kertas dibuat sedemikian rupa menyerupai diary bergaris, font seperti tulisan tangan membuat buku ini seperti ditulis langsung oleh si empunya diary. Belum lagi gambarnya yang kocak di setiap halaman, khas banget deh diary remaja.

Si empunya diary ini adalah Gregory alias Greg yang baru memasuki dunia Sekolah Menengah Pertama alias SMP. Tau sendiri kan ya, peralihan dari Sekolah Dasar (SD) ke SMP itu penuh dengan kejutan, penuh dengan rasa ingin tahu, penuh dengan ide-ide lucu dan menarik khas anak baru gede yang kayaknya ingin segala sesuatunya diceritain.

Begitu juga dengan Greg, masa-masa awal SMP inilah yang akhirnya diceritakannya melalui diary yang menurut dia lebih suka dinamai sebuah jurnal. Kata Greg, dia udah wanti-wanti sama ibunya untuk beliin buku yang ga ada label ‘diary’nya eh masih dibeliin juga, ya udah deh Greg terima aja.

Semua diceritakan si Greg, mulai dari awal sekolah dia cari tempat duduk, maunya sih deket2 sama cewe (tuh kan baru masuk SMP aja udah tau cewe ya), pengen jadi cowo yang digemari para cewe kayak Bryce Anderson tapi masih jauh, nyeritain olahraga sampe wc pun diceritain dengan gaya khas Greg yang lucu, polos, apa adanya dan tentu saja tengil.

Read the rest of this entry »

Daftar Nominasi Khatulistiwa Literary Award 2010

October 17

Bagi semua pencinta buku, pencinta sastra, berikut saya copy paste dari sini, daftar nominasi Khatulistiwa Literary Award (KLA) 2010 ;

Kategori Fiksi
1. Kekasih Marionette (kumcer), karya Dewi Ria Utari
GPU, Juli 200
2. Negeri 5 Menara (novel), karya A.Fuadi
GPU, Agustus 2009
3. Klop (kumcer), karya Putu Wijaya
Bentang, Mei 2010
4. Sepotong Bibir Paling Indah di Dunia (kumcer), karya Agus Noor. Bentang, Februari 2010
5. Rahasia Selma (kumcer), karya Linda Christanty
GPU, April 2010
6. Arumdalu (novel) karya Junaedi Setiyono
Serambi, Mei 2010
7. Perahu Kertas (novel), karya Dee
Bentang, Agustus 2009
8. Balada Cing-Cing (kumcer), karya Maggie Tiojakin
GPU, Juni 2010
9. 9 dari Nadira (kumcer), karya Leila S. Chudori
KPG, Oktober 2009
10. Teman Empat Musim (novel) karya Ida Ahdiah
Bentang, Maret 2010
11. Jampi-Jampi Varaiya (novel) karya Clara Ng
GPU, Desember 2009

Read the rest of this entry »

Review Buku Facebook on Love 2

July 20

Cover Facebook on Love 2

Judul Buku : Facebook on Love 2 | True Love Ways
Penulis : Ifa Avianty
Penerbit : Lingkar Pena
Jumlah Halaman : 275 Halaman
Harga : Rp. 40.000
ISBN : 9786028436908

Yup, ini lanjutan Facebook on Love yang baru rampung saya baca beberapa hari yang lalu. Setelah merasa FOL 1 bagus, saya langsung minta anterin suami untuk beli FOL 2 ini.

Lanjutan cerita masih tentang pasangan muda, Fadli Kusharyawan dan Dayana. Akhirnya pernikahan mereka yang tidak dibuat secara besar-besaran menjadi bahan obrolan sosialita dan juga infotaintment, jelas saja, Fadli adalah satu-satunya anak dan sekaligus penerus bisnis besar ayahnya.

Saya berpikir, Fadli akan punya saingan, yaitu Candra dari masa lalu Dea kali ini. Tapi ternyata saya salah, Candra justru tidak menjadi titik yang mengguncang prahara rumah tangga Dea dan Fadli. Orang ketiga alias si Candra ini datang dengan predikat malaikat yang akhirnya bisa memperbaiki suasana pasangan itu.

Masih ada wanita-wanita lain ternyata dari masa lalu Fadli yang hadir, Dea menjadi sesosok wanita yang menjadi sorotan karena telah mempersuami pria paling diminati wanita (rada lebay yah saya kali ini, abisnya dibilang cakep banget sih ya, romantis lagi). Sampai klimaks dibuat sedih bukan karena orang ketiga, tapi seorang yang baru lahir dan akhirnya ada sesuatu yang hilang.

Saya ga mau spoiler, ntar hilang deh gregetnya yang pada mau baca bukunya. Makanya saya review bablas aja ya, ga detil biar semua pada beli dan baca bukunya langsung :ting:

Read the rest of this entry »