Buku, Buku dan Buku A Room Without Books Like a Body Without Soul

Buku-Buku Terbaik Pilihan Pembaca Goodreads 2018

December 5

Akhir tahun telah tiba, akan ada banyak toko buku yang ngasih diskon luar biasa.
Eh, tapi jangan sampai kalap belanja ya, yang paling penting bisa lebih banyak membaca.

Saya dibilangin sama temen, biar gak kalap belanja buku murah. Beli yang memang mau dibaca saja. Saya merasa diingatkan, tapi seringkali lebih banyak tergiur buku-buku murah yang rasanya sayang untuk dilewatkan kesempatan punya. Ya, balik lagi harus ngukur dompet juga sih ya, dan harus liat deretan buku-buku wants-to-reads yang harusnya dibabat.

Saya bagi buku-buku terbaik versi pembaca Goodreads 2018 ya. Siapa tau bisa jadi rekomendasi belanja bukumu.

Read the rest of this entry »

Buku Terbaik 2014 Pilihan Pembaca Goodreads

January 1

Hai, selamat tahun baru 2015 πŸ™‚

Hal yang menjadi kegiatan di akhir tahun buat saya yaitu memposting hasil pilihan pembaca Goodreads untuk buku terbaik sepanjang tahun 2014. Walau agak telat di posting setidaknya posting ini sebagai catatan buat saya untuk nanti akhirnya membaca buku-buku yang banyak dipilih pembaca Goodreads.

Ini dia buku terbaik 2014 pilihan pembaca Goodreads :

Best Books 2014

Best Books 2014

  1. Kategori Fiksi : Landline by Rainbow Rowell
  2. Kategori Mystery & Thriller : Mr. Mercedes by Stephen King
  3. Kategori Historical Fiction : All The Light We Cannot See by Anthony Doerr
  4. Kategori Fantasy : The Book of Life by Deborah Harkness
  5. Kategori Romance : Written in My Own Heart’s Blood by Diana Gabaldon
  6. Kategori Science Fiction : The Martian by Andy Weir
  7. Kategori Horror : Prince Lestat by Anne Rice
  8. Kategori Humor : Yes Please by Amy Poehler
  9. Kategori Nonfiction : The Opposite of Loneliness: Essays and Stories by Marina Keegan
  10. Kategori Memoir & Autobiography : This Star Won’t Go Out: The Life and Words of Esther Grace Earl by Esther Earl, Lori Earl, Wayne Earl
  11. Kategori History & Biography : The Romanov Sisters: The Lost Lives of the Daughters of Nicholas and Alexandra by Helen Rappaport
  12. Kategori Business Books : #Girlboss by Sophia Amoruso
  13. Kategori Food & Cookbooks : Make It Ahead: A Barefoot Contessa Cookbook by Ina Garten
  14. Kategori Graphics Novels & Comics : Serenity: Leaves on the Wind by Zack Whedon, Georges Jeanty (Penciller), FΓ‘bio Moon (Artist)
  15. Kategori Poetry : Lullabies by Lang Leav
  16. Kategori Debut Goodreads Author : Red Rising by Pierce Brown
  17. Kategori Young Adult Fiction : We Were Liars by E. Lockhart
  18. Kategori Young Adult Fantasy & Science Fiction : City of Heavenly Fire by Cassandra Clare
  19. Kategori Middle Grade & Children : The Blood of Olympus by Rick Riordan
  20. Kategori Picture Books : The Pigeon Needs a Bath! by Mo Willems

Read the rest of this entry »

Buku Terbaik 2013 Versi Goodreads

December 8

Seperti tahun lalu, tahun ini pun Goodreads memberikan penghargaan pada buku-buku terbaik 2013 yang dipilih langsung oleh pembaca.

Saya sih ikut milih, cuma ya itu… hampir semua nominasi bukunya belum saya baca, ya udah deh milihnya sesuai hati aja pengennya yang mana πŸ˜€

Ini dia, para pemenang buku terbaik 2013 versi Goodreads…

Goodreads   Best Books 2013 β€” Goodreads Choice Awards

Saya cuma punya Inferno dan itu pun baru baca 1 bab belom sampe. Tahun ini pun saya membiarkan dengan ikhlas target baca saya cuma sampe 60an buku dari 160 buku yang saya targetkan sendiri. Saya gak mau mengubah, karena dari awal saya pikir saya mampu. Hanya saja saya harus mengimbangi dan merelakan waktu baca saya berkurang karena hobi baru dan beberapa kerjaan. Ya, gpp kan ya, dibawa santai aja. Tahun depan mungkin saya mau ngeset kurang dari 100 buku.

Beberapa buku yang masuk buku terbaik 2013 saya marked as wishlist. Sepertinya mau nyari bukunya karena beneran tertarik.

Semoga tahun depan, lebih banyak membaca ya…. *ngomong sama kaca* πŸ˜€

Buku Terbaik Pilihan Pembaca Goodreads 2012

December 5

Seperti biasa, tiap tahunnya Goodreads memberikan kesempatan semua penggunanya untuk memilih buku terbaik di setiap kategori. Dari mulai menentukan nominasinya hingga terpilih pemenangnya.

Saya sendiri gak ikut milih sih ya, karena memang buku yang jadi nominasi memang buku-buku luar yang keren tapi berbahasa Inggris dan saya lama biasanya untuk ngelarin baca buku begitu.

Bagi yang mau lihat buku apa aja yang menang buku terbaik pilihan para pembaca Goodreads tahun 2012, ini dia….

Read the rest of this entry »

Festival Pembaca Indonesia 2011

December 5

Sempat mikir ga jadi lagi ke Festival Pembaca Indonesia atau Indonesian Reader Festival (IRF) 2011 akhirnya kemaren bisa hadir dan menikmati acara besar tahunan yang diselenggarakan temen-temen Goodreads Indonesia (GRI). Ini kali pertama saya hadir di IRF, setelah tahun lalu sukses diadakan pertama kali. Jadi ya, saya ga bisa bandingin tahun lalu apakah lebih rame dan lebih seru dibanding tahun ini. Saya merasa harus banyak belajar dari temen-temen GRI biar bisa bikin acara seru kayak gini juga nantinya.

sempetin foto sama mbak Indah dan Helvry

Pagi itu saya hadir sebelum jadwal yang seharusnya jam 10 pagi, tapi disana saya melihat semua sudah pada siap. Arena bookswap (tukar buku) udah mulai disusun, semua booth yang ada udah tinggal rapi-rapi, tenda untuk nonton film udah siap, pohon buku udah ada, diskusi buku tinggal jalan. Saya acungi jempol deh untuk temen-temen panitia IRF kali ini. Sebelum pada rame saya duduk di boothnya Ijul dan saya melongo liat ijul buka booth dengan bawa 1 kontainer + 1 tas gede berisi buku koleksi pribadinya, yang emang blom semuanya dibaca. Saya tau Ijul lah, kami punya kemiripin soal selera buku, tapi ngasih rating buku ya blom tentu sama πŸ˜€

booth WWF

Jam 10 lebih akhirnya saya memutuskan untuk keliling ke semua booth yang ada, mulai dari depan sampe ke belakang, ga lupa sambil kenalan dengan temen-temen GRI yang beberapa baru kenal namanya doang. Ada WWF yang ngasih dongeng ke anak-anak, saya terharu ada juga booth laen seperti Rumah Dongeng, mereka dengan sabar ngasih dongeng ke anak-anak hampir satu per satu dan anak-anak yang dateng pun menyimak dengan seneng. Saya sadar, untuk membangun generasi membaca itu emang harus sejak dini, kalo dari kecil mereka udah kenal buku lebih baik dari maen game, kebiasaan membaca itu akan tumbuh sampe gede. Saya mengalami itu, walo Mama dan Papa ga ngasih dongeng sebelum tidur, orang tua saya sering banget beliin majalah atau buku bacaan kayak Bobo, Paman Gober malah berlangganan. Walo ga semua orangtua bisa seperti itu, ada banyak cara kok untuk menumbuhkan kesukaan membaca.

booth AIUEO

booth AIUEO

Contohnya, ada AIUEO yang memberikan fasilitas membaca gratis untuk umum, yang biasanya hadir pada Minggu ke 2 dan terakhir Car Free Day, pukul 7 – 10 WIB di Bundaran HI, Jakarta. Mungkin ga banyak dari kita ada yang tau soal ini, tapi gerakan seperti ini terbukti bisa menumbuhkan kesukaan membaca. Saya salut sama AIUEO ini, dan sekaligus membuat saya sadar saya sendiri punya banyak buku tapi belum bisa memberikan fasilitas seperti itu khususnya pada anak-anak.

Read the rest of this entry »