Buku, Buku dan Buku A Room Without Books Like a Body Without Soul

Review Buku A Street Cat Named Bob

January 9

Judul Buku : A Street Cat Named Bob
Penulis : James Bowen
Penerjemah : Istiani Prajoko
Penerbit : Serambi Ilmu Semesta
Jumlah Halaman : 320 Halaman
Harga : Rp. 39.000
ISBN : 9789790243934

Saya bengong sebentar tiap kali melihat kedekatan James dan Bob dalam buku ini, sambil dalam hati bilang ‘Kok bisa ya?’.

Buat manusia penyuka hewan memang seringkali hewan tertentu tidak lagi hanya berstatus hewan peliharaan tapi juga sudah dekat seperti sahabat dan keluarga. Begitu juga yang akhirnya ditemukan James dalam perjalanan hidupnya, dia menemukan Bob yang akhirnya menemaninya menjalani hari-hari dalam hidup sebagai pengamen jalanan.

James Bowen adalah seorang pecandu narkoba yang sedang dalam masa pengobatan. Bob adalah seekor kucing yang ditemukan James dalam keadaan mengenaskan. Karena James memang menyukai kucing dan sedih melihat keadaan Bob sewaktu ditemukan, akhirnya James merawat Bob hingga sembuh. Ketulusan James dalam merawat Bob, membuat Bob menjadi kucing setia yang mengikuti James kemanapun dia pergi. Bob selalu bertengger di bahu James dan ikut serta jika James mengamen di sekitar Covert Garden, London.

Read the rest of this entry »

Review Buku Hiking Girls

October 28

Hiking Girls

Judul Buku : Hiking Girls
Penulis : Kim Hye Jung
Penerjemah : Dwita Rizki
Penerbit : Atria
Jumlah Halaman : 276 Halaman
Harga : Rp. 39.000
ISBN : 9789790243927

Sebuah perjalanan tidak akan pernah sia-sia, setidaknya ada pelajaran yang selalu akan mengingatkanmu pada orang lain.

Hiking Girls, saya kira akan berisi cerita dimana para remaja perempuan yang naik gunung bersama teman-temannya. Lalu dimana bagusnya? Gara-gara pemikiran itu diawal, saya lantas melewati saja buku ini dan membaca buku yang lainnya terlebih dulu. Sewaktu saya bosen ngerjain kerjaan, saya coba baca buku ini, dan…. saya jelas salah menilai.

Lee Eun Sung dan Bo Ra harus melakukan perjalanan 1200 KM didampingi Kak Mi Joo selama kurang lebih 70 hari karena kelakuan mereka. Perjalanan ini dipilih karena mereka berdua gak mau masuk penjara anak-anak di Korea. Eun Sung yang suka mukul dan Bo Ra yang suka mencuri memilih ‘rehabilitasi’ dengan perjalanan SilkRoad atau Jalur Sutera.

Jadi ada program baru pemerintah Korea, bagi anak-anak yang berkelakuan tidak baik termasuk suka mencuri dan memukul orang lain itu gak langsung dimasukin ke penjara. Sering kita dengar ada negara yang menghukum anak-anak dengan hukuman sosial. Nah, Korea memberlakukan hukuman yang bisa dipilih yaitu perjalanan Jalur Sutera (tentunya dengan pendampingan) atau masuk penjara anak.

Read the rest of this entry »

Review Buku 101 Rahasia Sederhana Memelihara Pengharapan

February 26

Nike dan bukunya

Judul Buku : 101 Rahasia Sederhana untuk Memelihara Pengharapan Anda
Alih Bahasa : Drs. Arvin Saputra
Penerbit : Interaksara
Jumlah Halaman : 205 Halaman

Sebenernya, kopdar bukunya udah dari awal bulan, cuma bukunya baru dibaca 2 hari sebelum posting ini diterbitkan. Bukan apa-apa sih, tumpukan buku yang minta dibaca banyak bener, sampe bingung milihnya yang mana yang mau dibaca duluan.

Buku ini didapet dari hasil tukar buku bersama temen-temen Wongkito, dan kebetulan saya dapet buku dari Fickry.  Judulnya panjang ya, tapi buku ini lebih ringan dari bacaan-bacaan setipe lainnya. Lebih mudah dan gampang banget kelar dibacanya. Berasa kayak baca tips-tips gitu deh. Ada 101 poin yang dituturkan buku ini sebagai rahasia untuk memelihara pengharapan kita.

Pasti semua orang di dunia punya harapan, nah disini kita diajak untuk tetap memelihara harapan kita dan berusaha hingga kita dapat merealisasikannya. Poin-poin yang ada sangatlah sederhana, cuma menurut saya untuk mempraktekkannya kadang ga semudah itu. Perlu konsistensi, iya… perlu konsistensi. Kadang saya suka ga konsisten antara pikiran dan prakteknya.

Read the rest of this entry »