Buku, Buku dan Buku A Room Without Books Like a Body Without Soul

Review Buku Surat Kecil Untuk Tuhan

November 1

Surat Kecil Untuk Tuhan

Judul Buku : Surat Kecil Untuk Tuhan
Penulis : Agnes Davonar
Penerbit : Inandra
Jumlah Halaman : 168 Halaman
Harga : Rp. 38.800
ISBN : 9789791834612

Buku pertama Agnes Davonar yang saya baca, My Blackberry Girlfriend membuat saya kurang minat untuk lanjut beli buku yang lain dari Agnes Davonar. Tapi, setelah baca sinopsis buku ini di bagian belakang buku, saya lanjut membawa buku ini ke kasir.

Buku ini memang dari kisah nyata perjuangan seorang anak perempuan berusia 15 tahun yang mendapati ia terkena kanker jaringan lunak yang sudah mencapai stadium 3. Malah jenis kanker ini langka sekali dan baru pertama kali di Indonesia.

Saya coba googling tentang kanker ini, tapi tidak terlalu banyak mendapat penjelasan detil. Digambarkan Keke mengalami mimisan yang cukup banyak, hidungnya dirasakan tidak mampu bernapas dan matanya memerah, berair dan lama kelamaan terdapat benjolan yang semakin hari semakin besar di bawah kelopak mata bagian kiri.

Membayangkannya saja saya sudah bergidik, apalagi melihat langsung ya. Di bagian awal buku ini saja saya sudah ingin menangis rasanya, apalagi dibagian akhir buku ini.

Read the rest of this entry »

Daftar Nominasi Khatulistiwa Literary Award 2010

October 17

Bagi semua pencinta buku, pencinta sastra, berikut saya copy paste dari sini, daftar nominasi Khatulistiwa Literary Award (KLA) 2010 ;

Kategori Fiksi
1. Kekasih Marionette (kumcer), karya Dewi Ria Utari
GPU, Juli 200
2. Negeri 5 Menara (novel), karya A.Fuadi
GPU, Agustus 2009
3. Klop (kumcer), karya Putu Wijaya
Bentang, Mei 2010
4. Sepotong Bibir Paling Indah di Dunia (kumcer), karya Agus Noor. Bentang, Februari 2010
5. Rahasia Selma (kumcer), karya Linda Christanty
GPU, April 2010
6. Arumdalu (novel) karya Junaedi Setiyono
Serambi, Mei 2010
7. Perahu Kertas (novel), karya Dee
Bentang, Agustus 2009
8. Balada Cing-Cing (kumcer), karya Maggie Tiojakin
GPU, Juni 2010
9. 9 dari Nadira (kumcer), karya Leila S. Chudori
KPG, Oktober 2009
10. Teman Empat Musim (novel) karya Ida Ahdiah
Bentang, Maret 2010
11. Jampi-Jampi Varaiya (novel) karya Clara Ng
GPU, Desember 2009

Read the rest of this entry »

Mari Rayakan World Book Day

April 18

Selamat hari buku internasional ya, Happy World Book Day πŸ™‚
Yang mau kasih saya buku, boleh kok saya lagi pengen buku-buku berikut πŸ˜€

WBD

Mari rayakan dengan membaca buku dan belanja buku lagi hehehe :senyum:

Bagi yang pengen tau acaranya apa aja yg dirayakan di Indonesia, silahkan ke World Book Day Indonesia πŸ™‚

Review Buku Berbagi Cerita Berbagi Cinta

February 11

Berbagi Cerita Berbagi Cinta

Judul Buku : Berbagi Cerita Berbagi Cinta
Penulis : Sahabat Ngerumpi
Penerbit : Inspiring
Jumlah Halaman : 166 Halaman

alhamdulillah dikasih gratis nih sama Mbok Venus dan saya bahagianya dua kali karena juga dapet tanda-tangannya Simbok *harusnya ttd Mbak Silly juga ya* πŸ™‚
Sebelumnya, banyak kok sekarang beredar buku-buku yang ditulis para blogger, yang duluan sebut saja Raditya Dika ddengan Kambing Jantannya, dan sekarang banyak bermunculan para penulis yang berawal dari cuma sekedar nulis di blog mereka masing-masing.

Seperti itu juga buku Berbagi Cerita Berbagi Cinta (BCBC) ini diambil dari tulisan beberapa blogger yang bergabung di Ngerumpi.com. Saya sendiri emang belum bergabung di Ngerumpi, makanya kali ya tulisan saya ga masuk dibuku ini *halah, berasa bagus aja yak tulisan saya* πŸ˜€

Cerita yang ringan dibagi dalam bab-bab khusus seperti Relationship, Living Single, X&Y, Family yang sesuai dengan topik-topik yang memang ada di Ngerumpi.com. Saya rasa ini tulisan-tulisan terbaik yang memang layak untuk dipaketkan menjadi sebuah buku yang ringan dibaca namun berarti banyak dalam kehidupan perempuan. Iya, perempuan, karena disini kita bisa melihat sisi perempuan yang kadang ga kepikiran sama kita yang juga perempuan. Saya juga menganjurkan agar para pria juga membaca buku ini, biar tau gimana isi kepala para perempuan :senyum:

Read the rest of this entry »

Review Film Sang Pemimpi

December 19
Poster Sang Pemimpi

Poster Sang Pemimpi

Judul Film : Sang Pemimpi
Pemain : Nugie, Mathias Muchus, Rendi Ahmad, Vikri Septiawan, Azwir Fitrianto, Lukman Sardi, Nazril Ilham
Sutradara : Riri Riza
Durasi : 128 menit

Inilah sekuel Laskar Pelangi yang booming itu, Sang Pemimpi, diadaptasi langsung dari novel karya Andrea Hirata yang berjudul sama yaitu Sang Pemimpi. Bener, ini film yang ditunggu-tunggu tahun ini, kenapa? Buat saya, Sang Pemimpi adalah salah satu novel terbaik yang pernah saya baca, malah lebih baik dibandingkan dengan Laskar Pelangi. Jujur saja, saya lebih dulu beli buku Sang Pemimpi baru kemudian beli Laskar Pelangi, otomatis yang dibaca duluan ya Sang Pemimpi.

Novelnya memberikan semangat mengejar mimpi tak kalah baik dengan filmnya. Riri Riza dengan sangat baik mampu mengadaptasi setiap detil yang paling menarik di novel Sang Pemimpi menjadi satu tontonan segar khas cerita anak Belitong yang mulai ABG πŸ™‚

Kisahnya masih tetap tentang Ikal (Kecil diperankan tetap oleh Zulfany, Remaza diperankan Vikri dan dewasa diperankan Lukman Sardi) tapi bukan lagi dengan teman-teman dari laskar Pelangi, melainkan sepupunya Arai (Remaja diperankan Rendi dan dewasa diperankan Nazril Ilham) plus Jimbron (diperankan Azwir). Sesuai judul, ini cerita tentang mimpi-mimpi Ikal dan Arai untuk sekolah ke Sorbonne, Paris.

Yang penting dari mimpi, bukanlah seberapa besar mimpi itu, tapi sebesar apa kita untuk mimpi itu
-Pak Balia-

Read the rest of this entry »

Review Buku Istana Kedua

December 1
Istana Kedua

Istana Kedua

Judul Buku : Istana Kedua
Penulis : Asma Nadia
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 243 Halaman
Harga : Rp. 29.000

Ini memang buku lama, sekitar tahun 2007, dan belinya pun tahun lalu waktu ke Gramedia Matraman balik dari PB08 πŸ˜€ cuma memang baru sempet baca bener sekarang, waktu kemarenan sempet nge-quote dikit ajah πŸ˜€

Buku ini memang bercerita tentang poligami, bagaimana laki-laki dengan mudahnya bisa punya istri lagi, bahkan terkadang tanpa restu istri pertama. Seorang Arini yang menyadari suaminya, Prasetya, telah mempunyai istri lagi juga tanpa diketahuinya. Mei Rose, yang telah merampas Pras dari Arini dan dia cukup merasa puas dengan titel istri kedua.

Saya harusnya bertanya, mungkin pada suami-suami yang menganut Poligami, apa yang membuat mereka lantas beristri lagi? Istrinya tidak secantik dulukah? sudah melebar karena sudah punya anakkah? atau justru hanya karena sudah jatuh cinta dengan perempuan lain sehingga dengan mudahnya beristri lagi?

Saya baca dibuku ini, ada yang menginginkan istrinya mudah masuk surga, hingga sang suami berpoligami. Entah kenapa berasa klise deh jawaban yang kayak gitu. Setau saya, bila istri sudah menjalankan kewajibannya terhadap suami juga anak-anak dengan baik, dan suami ridho akan istrinya, sang istri telah mendapat tempat sendiri di surga-Nya. Itu pula sebenarnya yang ada dalam benak Pras, tapi kenapa akhirnya ia lantas tetap menikahi Mei Rose? Silahkan aja dibaca dibuku ini. Walo, jujur ya saya ga suka endingnya, kayak ndak ada akhir gitu :piss:

Akhirnya, saya juga bertanya pada suami, apa setelah saya melahirkan, lantas saya tidak terlihat cantik lagi? terlihat lebih lebar? dan saya menemukan jawaban yang saya yakini dalam senyum suami saya, bahwa insya Allah kami akan bersama sampe maut memisahkan πŸ™‚

Woot ? Maryamah Karpov Jilid 2 Tidak Diterbitkan?

January 20

Baru aja baca dari tempat reviewnya Mas Tanzil, dan bener-bener kaget baca postingannya soal Maryamah Karpov. Ini nih, di kutip langsung ya :

Kejanggalan tersebut dan juga endingnya yang menggantung pada akhirnya memunculkan spekulasi bahwa akan ada Maryamah Karpov jilid 2. Untuk itu saya mencoba mengkonfirmasikan hal ini langsung pada Andrea Hirata. Dalam perbincangan telponnya, Andrea menegaskan bahwa Maryamah Karpov memang dibuat menjadi dua jilid. Jilid pertama yang sekarang telah terbit memang tak banyak membicarakan Maryamah Karpov karena di jilid ini Andrea bermaksud membangun karakter tokoh-tokoh yang kelak akan dimatangkan di jilid keduanya. Dan di jilid keduanyalah Maryamah Karpov akan banyak berperan.

Namun sangat disayangkan, dengan tegas Andrea menyatakan bahwa hingga saat ini jilid 2 Maryamah Karpov tidak akan diterbitkan !. Andrea mengungkapkan bahwa ada berbagai pertimbangan yang menyebabkan ia terpaksa menolak untuk menerbitkan Maryamah Karpov jilid 2 dan memilih β€˜menghilang’ sementara dari dunia kepenulisan. Pertimbangan apa? Daripada saya salah mengutip pernyataan Andrea yang disampaikan pada saya lewat telpon, biarlah Andrea atau Renjana Organizer sendiri yang akan menjelaskannya pada publik kelak karena pembaca Tetralogi Laskar Pelangi butuh penjelasan yang tuntas dari penulis mengenai tidak tuntasnya novel pamungkas ini.

Wah… ngutipnya kebanyakan ya? Biar ga lewat atuh bacanya… :piss:

Berarti emang bener, kalo Maryamah Karpov ada 2 jilid, dan jilid terakhir tidak akan diterbitkan, itu menurut penuturan Andrea sendiri via telpon…. ah… ga keren ah kalo ga diterbitin. Saya justru menunggu hal yang menarik di jilid 2…. :sedih:

« Older EntriesNewer Entries »