Buku, Buku dan Buku A Room Without Books Like a Body Without Soul
Browsing all posts in: True Story

Review Buku : Mantappu Jiwa – Jerome Polin Sijabat

September 25
  • Judul Buku : Mantappu Jiwa
  • Penulis : Jerome Polin
  • Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
  • Jumlah Halaman : 224 Halaman
  • ISBN : 9786020632414
  • Harga : Rp. 95.000

Karena ketika orang lain meragukan kita, siapa lagi yang bisa percaya sama diri ini kalau bukan kita sendiri.

#rumusjerome

Buku ini waktu dirilis, di Whatsapp Grup GRI jadi ada yang nanya, siapa Jerome Polin? Termasuk saya yang gak tahu ini orang siapa. Ternyata ada yang bilang, kalo Jerome adalah seorang Youtuber yang dapet beasiswa sekolah di Jepang dan suka banget matematika dan juga sering banget bantuin followernya bahas soal matematika. Dari sana saya dapet gambaran siapa itu Jerome, walaupun belum pernah liat akun sosial medianya juga channel Youtubenya.

Mantappu Jiwa adalah kalimat yang diucapkan Jerome di channel Youtubenya, kayaknya sih dari istilah yang memang ngetren zaman sekarang yaitu ‘mantap jiwa’ buat suatu hal yang dirasa luar biasa (Ya, penjelasan ini bagi yang mungkin baca entah nanti di tahun kapan).

Read the rest of this entry »

Review Buku : Hellomotion Couple Goals

April 11
  • Judul Buku : Hellomotion Couple Goals
  • Penulis : Wahyu Aditya
  • Penerbit : Bentang Pustaka
  • Jumlah Halaman : 248 Halaman
  • ISBN : 9786022913856
  • Harga : Rp. 74.000

Udah lama gak baca buku atau komiknya Mentri KDRI (Kementerian Desain Republik Indonesia), Wahyu Aditya. Lupa kapan terakhir kalinya baca komik yang Mas Gembol (begitu dia akrab disapa), beberapa hari lalu saya gak sengaja cari-cari di Ipusnas, ternyata menemukan beberapa buku yang belum saya baca, jadilah saya unduh dan baca termasuk lah salah satunya buku ini.

Melihat dari judulnya, saya pikir ini adalah buku penuh ilustrasi ala Mas Gembol yang menceritakan kehidupan asmaranya hingga menikah, tapi ternyata saya tidak sepenuhnya benar. Ini buku ini bukan cuma ilustrasi saja, tapi memang tulisan padat mengenai banyak hal, bukan cuma perjumpaannya dengan @nengarie.

Read the rest of this entry »

Review Buku : Mata Malam

March 17
  • Judul Buku : Mata Malam
  • Penulis : Han Kang
  • Penerjemah : Dwita Rizki
  • Penerbit : Bentara Aksara Cahaya (Baca)
  • Jumlah Halaman : 257 Halaman
  • ISBN : 9786026486127
  • Harga : Rp. 75.000

Membungkus mereka dengan bendera Korea setidaknya merupakan hal terbaik yang bisa kita lakukan. Kita bukan sekedar bongkahan daging yang bisa dibantai; jadi, setidaknya mengheningkan cipta harus dilakukan dan lagu kebangsaan harus dinyanyikan.

Buku ini adalah buku kedua dari Han Kang yang saya baca. Han Kang sendiri dikenal setelah buku pertamanya, Vegetarian menjadi favorit banyak orang, mendapat penghargaan di mana-mana hingga dijadikan sebuah film. Saya sendiri merasa begitu penasaran sehingga langsung membeli kedua buku Han Kang, Vegetarian lalu Mata Malam.

Saya merasa Vegetarian adalah buku yang menarik dari sisi cerita, tapi entah kenapa menurut saya bukan cangkir teh saya. Lalu saya merasa ragu apa harus melanjutkan dengan buku Mata Malam. Saya berikan jeda, sampai akhirnya akhir bulan Januari lalu saya mencoba membuka dan membaca Mata Malam dan baru bisa selesai malam ini.

Read the rest of this entry »

Review Buku : Hijrah Bang Tato

July 25

Judul Buku : Hijrah Bang Tato
Penulis : Fahd Pahdepie
Penerbit : Bentang Pustaka
Jumlah Halaman : 246 Halaman
ISBN : 9786022914334
Harga : Rp 59.000

Dalam buku ini, terasa sekali bagaimana hidayah datang dan bagaimana istiqomah itu tidaklah mudah.

Sebenarnya review buku ini sudah masuk dalam draft blog ini lama, sejak akhir tahun 2017 lalu, dan saya pun sudah selesai membaca buku ini awal Desember 2017. Tapi tak mengapa lah ya, sayang aja cuma nangkring di draft, mari kita selesaikan.

Saya sendiri udah lama gak baca bukunya Fahd, waktu itu mampir ke Toga Mas Jogja saya akhirnya membawa buku ini ke kasir. Fahd selalu menulis dengan gaya bahasa yang mudah untuk dimengerti, mudah untuk dinikmati, begitu juga dengan buku ini. Kali ini Fahd menulis tentang Bnag Tato, itu sebutannya. Sesuai dengan judulnya buku ini tentang Bang Tato dan bagaimana hijrahnya.

Hijrah sendiri sebenarnya artinya berpindah, kira-kira kalo sekarang diartikan sebagai berpindah, berubah menjadi lebih baik (lebih agamis). Memutuskan untuk selalu mematuhi perintah Allah dan menjauhi larangannya gitu. Bang Tato juga begitu yang tadinya preman, tatoan, narkoba-an, memutuskan untuk kembali sholat. Pas sholat di masjid, dia harus menghadapi tatapan orang-orang yang melihat sekujur tubuhnya penuh tato. Ia akhirnya bertemu dengan ustaz yang baik mau membantunya untuk kembali sholat. Akhirnya bertemu dengan seorang perempuan yang akhirnya mau dia nikahi. Ternyata gak segampang itu juga mencari pekerjaan bagi Bang Tato untuk memberi nafkah pada istrinya. Hingga akhirnya dia dipertemukan dengan Fahd yang mengajaknya untuk bekerja dengannya. Sebelumnya, diceritakan kesulitan-kesulitan yang dialami Bang Tato selama mencari pekerjaan, kesulitan untuk punya rumah dan membeli makanan bersama istrinya.

Read the rest of this entry »

Review Buku Air Mata Terakhir Bunda

October 11

Judul Buku : Air Mata Terakhir Bunda
Penulis : Kirana Kejora
Penerbit : Hi-Fest Publishing
Jumlah Halaman : 204 Halaman
Harga : Rp. 38.000
ISBN : 9786028814140

Sekali lagi. Perjuangan seorang ibu selalu menjadi arti besar dalam hidup anak-anaknya.

Jujur, buku ini langsung saya baca setelah saya menonton filmnya beberapa hari lalu. Saya merasa tidak hanya terharu, tapi juga banyak belajar dari seorang ibu bernama Sriyani dalam film tersebut. Bukan hanya karena yang main di film itu Vino G Bastian, si aktor ganteng nan idola semua orang tapi semua dalam film itu terkesan punya peran penting.

Tentang kehidupan Delta Santoso yang tumbuh besar di Sidoarjo bersama kakaknya, Iqbal dan seorang ibu bernama Sriyani. Diceritakan ibunya menjadi single parent setelah ditinggal Sang Ayah. Ini adalah satu hal yang tidak ada dalam filmnya. Alasan Sang Ibu berpisah dengan Si Ayah.

Sriyani mengajarkan hal-hal mendasar dan menanamkan nilai-nilai moral yang baik pada kedua anaknya, sehingga Iqbal dan Delta menjadi anak yang patuh. Beberapa adegan dalam film ternyata kurang banyak menggambarkan kebaikan-kebaikan yang ditanamkan Sang Ibu pada Iqbal dan Delta.

Bahwa hidup tidak boleh mengeluh.
Hadapi masa sekarang dan rancanglan masa depan
Gampang sabar dan gampang syukur.
Harta bukanlah yang utama, tapi punya banyak ilmu itu yang dicari.

Read the rest of this entry »

Review Buku: God, Do You Speak English?

August 11

God, Do You Speak English?

Judul Buku : God, Do You Speak English?
Penulis : Jeff Kristianto, Nina Silvya, Rini Hanifa
Penerbit : Renebook
Jumlah Halaman : 348 Halaman
Harga : Rp. 50.000
ISBN : 9786021915370

Pengalaman sebagai sukarelawan di negara orang membawa banyak cerita yang menarik untuk dibagi. Itulah yang dilakukan Jeff Kristianto, Nina Silvya dan Rini Hanifa, mereka menuliskannya dengan baik dalam buku ini. Tidak hanya cerita perjalanan biasa, tapi banyak pesan yang bisa diambil bagi pembaca.

Berawal dari review buku ini oleh Sang Editor sudah membuat saya tertarik sebenarnya. Tapi, karena saya udah jarang ke toko buku, saya gak tahu apa buku ini sudah masuk di toko buku di seluruh Indonesia. Sampai akhirnya, saya melihat buku ini di jejeran buku di sebuah cafe, Kopi Kultur, Bali. Menurut yang punya cafe, buku ini laris dibeli. Saya dapet rezeki, karena ternyata dibeliin deh satu sama si editor buku ini.

Read the rest of this entry »

Review Buku Sila Ke-6 : Kreatif Sampai Mati!

June 19

Judul : Sila Ke-6 : Kreatif Sampai Mati!
Penulis : Wahyu Aditya
Penerbit : Bentang Pustaka
Jumlah Halaman : 320 Halaman
Harga : Rp. 59.000
ISBN : 9786028811996

Buku dengan tema kreatif memang harus dibuat beda dari buku biasa, terlihat banget di buku Kreatif Sampai Mati (KSM) ini.

Bedanya apa?
Lebih berwarna.
Berasa kayak baca diary, ada gambarnya, coret-coretan ala buku tulis sekolah, ada foto juga.
Bikin gak bosen.

Wahyu Aditya atau lebih akrab dipanggil Mas Wadit ini emang kreatif. Dia menjelaskan banyak hal dalam buku ini. Dari mulai bagaimana dia awal sekali menyukai desain, membuat sekolah animasi – Hello Motion sampai Kementerian Desain Republik Indonesia (KDRI).

Read the rest of this entry »