Buku, Buku dan Buku A Room Without Books Like a Body Without Soul
Browsing all posts in: Fiksi

Review Buku : Kambing dan Hujan

April 12
  • Judul Buku : Kambing dan Hujan ; Sebuah Roman
  • Penulis : Mahfud Ikhwan
  • Penerbit : Bentang Pustaka
  • Jumlah Halaman : 374 Halaman
  • ISBN : 9786022910275
  • Harga : Rp. 79.000

Ya, saya baru baca buku bagus ini di tahun 2019, empat tahun sejak buku ini diterbitkan. Ceritanya tahun lalu saya melihat review buku Dawuk di Goodreads dan rasanya langsung tertarik beli. Trus cek lagi penulisnya, ternyata Mahfud Ikhwan lebih dulu menulis novel Kambing dan Hujan sebelum Dawuk, yang ternyata bagus juga ratingnya dan reviewnya pun banyak yang bilang bagus. Akhirnya saya memutuskan untuk baca dulu Kambing dan Hujan ini sebelum membaca Dawuk.

Siapa bilang menikah itu satu agama itu bakalan gampang? Buktinya rintangan besar atas niat menikah Mif dan Fauzia, yang sama-sama anak Centong membuat mereka harus menguak kembali apa yang terjadi zaman dulu, zaman para orangtua mereka.

Diawali dengan cerita Mif dan Fauzia yang ingin menikah, lalu ngomong deh ke orangtua masing-masing, trus orangtuanya kaget kenapa Mif harus bertemu Fauzia? Dan mengapa pula Fauzia ingin menikah dengan Mif? Dari situ lah, cerita dari kedua belah pihak bergulir.

Read the rest of this entry »

Review Buku : Nagra & Aru

April 10
  • Judul Buku : Nagra & Aru
  • Penulis : Inggrid Sonya & Jenny Thalia Faurine
  • Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
  • Jumlah Halaman : 360 Halaman
  • ISBN : 9786020620961
  • Harga : Rp. 92.000

Buku ini saya baca dalam rangka ikutan tantangan baca Goodreads Indonesia bulan Maret 2019 yaitu tantangan baca buku dari dua penulis perempuan. Kenapa jatuh pilihan saya pada teenlit ini? Iya, ini teenlit, karena katanya buku ini ceritanya receh sekali.

Saya ngerti bahwa saya sudah jauh dari masa usia remaja, lho kok ya masih baca buku teenlit? Lho…. kenapa tidak? Saya gak malu kok kalo harus baca buku teenlit, komik sampe buku anak-anak sekalipun, saya mah gitu orangnya, bacaannya bebas. Nagra & Aru salah satunya yang saya baca di bulan lalu.

Bercerita tentang Nagra dan Aru, sesuai judulnya. Nagra, si cowok yang bandel disukai sama Aru alias Aurora sejak awal jadi siswa baru di SMA. Cerita cinta SMA memang tiada duanya ya, sayang banget dulu saya gak mengalami beginian waktu SMA (malah curcol :p). Bedanya, sama cewek-cewek dulu, Aru terang-terangan menunjukkan ke Nagra kalo dia suka, katanya Aru, Nagra adalah calon imamnya. Benar-benar bahasa anak zaman now.

Read the rest of this entry »

Rekomendasi Buku Untuk Anak Remaja

January 21

Sebagai seorang yang suka baca buku apa aja, saya juga membaca buku-buku yang khusus untuk anak remaja, biasanya dilabeli dengan teenlit. Ya walau udah jauh dari usia remaja rasanya tetap gak masalah kok ya kita baca buku-buku untuk remaja. Gunanya kita bisa merekomendasikan buku-buku yang bagus untuk anak-anak kita nantinya.

Saat anak udah masuk usia remaja, komik tetap jadi pilihan memang karena dipenuhi dengan gambar yang menarik. Tapi mereka udah males baca buku-buku dongeng sebelum tidur dan rasanya agak berat juga kalo kita sebagai orangtua memberi buku-buku yang buat orang dewasa menarik tapi bagi mereka gak begitu.

Saya membaca beberapa buku untuk remaja yang sepertinya bisa menjadi rekomendasi untuk anak remaja, saya infokan berdasarkan penulis yang saya tahu dan pernah saya baca ya, ini dia;

Read the rest of this entry »

Review Buku : Long Way Down – Jalan Masih Panjang

August 3

Judul Buku : Long Way Down- Jalan Masih Panjang
Penulis : Jason Reynolds
Penerjemah : Mery Riansyah
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 320 Halaman
ISBN : 9786020385297
Harga : Rp. 82.000

60 Detik. 7 Lantai. 3 Peraturan.
Bayangkan cerita 60 detik perjalanan turun lift bisa jadi cerita sebuah buku yang mengesankan.

Ini cerita tentang Will, remaja Amerika-Afrika yang harus mengikuti 3 peraturan yang telah turun temurun dilakukan.
No. 1 : Jangan Menangis
No. 2 : Jangan Mengadu
No. 3 : Balas Dendam.

Hal pertama dan kedua telah dilakukan Will dengan baik. Dia tidak menangis juga mengadu setelah melihat kakaknya, Shawn tewas tertembak. Dalam perjalanan Will melakukan peraturan nomer tiga, yaitu balas dendam dengan membawa sepucuk pistol itulah cerita ini menjadi menarik. Dalam perjalanan turun, di dalam lift, semuanya terjadi. Ya, dalam perjalanan 60 detik itu banyak hal yang membuat Will bertanya-tanya apakah balas dendam itu adalah hal yang tepat dilakukan. Sungguh 60 detik yang terasa amat panjang menuju lantai L. Will bertemu dengan pamannya, ayahnya hingga temannya yang merupakan hasil dari balas dendam yang selama ini terjadi.

Read the rest of this entry »

Review Buku : Catatan Harian Menantu Sinting

June 25

Judul Buku : Catatan Harian Menantu Sinting
Penulis : Rosi L. Simamora
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 232 Halaman
ISBN : 9786020380674
Harga : Rp. 63.000

Cerita antara mertua dan menantu masih sering menarik perhatian, kan? 😀

Ini cerita Minar, sang menantu dengan Mamak Mertuanya, ibu dari suaminya, Sahat. Karena keluarga Batak, maka kelucuan dalam buku ini pun benar-benar kayak yang kita biasa liat di tv, dari cara ngomong orang Batak yang ditulis dengan heboh sama Rosi L. Simamora hingga adanya sedikit ilustrasi di tiap bab, yang membuat buku ini makin menarik.

Membaca buku ini dengan kosa-kata Batak membuat saya harus melihat ke footnote untuk mengetahui keterangan artinya. Saya baca kalo pas bagian Mamak Mertua, langsung aja ngakak gitu deh. Asli lucu yang kerasa gak dibuat-buat. Cara ngomong khas Batak, ada ‘bah’-nya, trus pelafalan ‘e’ yang tidak pada tempatnya, p sama f yang ternyata bukan hanya jadi masalah orang Sunda 😀

Cerita antara menantu dan mertua memang bukan hal baru, saya udah beberapa kali baca, tapi yang ini betul-betul menghibur. Minar dan Sahat yang harus tinggal diawal pernikahan mereka di rumah Mamak Mertua, menempati ranjang yang sering berderit menjadi absensi bagi si Mamak. Mamak Mertua yang merupakan ibu tunggal berusaha membesarkan anak-anaknya dengan kerja keras, makanya jadi pelit, irit. Sahat anak bungsu dari 4 bersaudara, ada Monang si abang sulung yang belum menikah, dan kedua kakak perempuannya. Yang bikin ngakak itu emang cerita Mamak Mertua yang beneran riwil, sok tahu, ngeselin tapi perhatian, pokoknya bisa bikin yang baca ngakak gitu deh. Dijamin.

Read the rest of this entry »

Review Buku Tokyo : Falling

February 11

Judul Buku : Tokyo | Falling (Seri Setiap Tempat Punya Cerita)
Penulis : Sefryana Khairil
Penerbit : Gagas Media
Jumlah Halaman : 338 Halaman
Harga : Rp. 53.000
ISBN : 9789797806637

Buku adalah jendela dunia. Itu benar. Saya merasakan benar Tokyo dalam novel ini.

Ini adalah seri Setiap Tempat Punya Cerita (STPC) Kedua yang saya baca setelah London dan buku entah keberapa dari Sefryana Khairil yang saya baca. Bisa dikatakan saya penikmat karya Sefry. Walau saya belum pernah ke Tokyo, saya merasa bisa melihat banyak hal di Tokyo dalam buku ini. Sefry berhasil membawa masuk Tokyo dengan semua yang ada didalamnya pada pembaca.

Read the rest of this entry »

Review Buku London : Angel

January 10

Judul Buku : London ; Angel
Penulis : Windry Ramadhina
Penerbit : Gagas Media
Jumlah Halaman : 330 Halaman
Harga : Rp. 49.000
ISBN : 9789797806538

Bilang cinta itu tidak mudah
Ku malu teramat malu
Untuk bilang cinta padamu
Ku berlatih seharian
(Bilang Cinta – Gamal Audrey Cantika)

London adalah buku kelima dari seri Setiap Tempat Punya Cerita (STPC) dari Gagas Media. Tapi ini adalah buku pertama yang saya baca. Bukan, bukan karena London, tapi karena Windry Ramadhina, penulisnya. Dan London adalah bonusnya 🙂

Sebenarnya buku ini bercerita tentang sahabat jadi cinta, antara Gilang – Ning dan juga John – Madge. Gilang menyimpan perasaan suka pada Ning selama enam tahun dan akhirnya bela-belain ke London demi bilang cinta ke Ning yang bekerja disana.

Siapa bilang buat laki-laki bilang cinta itu mudah? Boleh jadi bagi sebagian laki-laki ya gampang, tapi tidak bagi Gilang. Buktinya butuh waktu lama hingga akhirnya Gilang memberanikan diri mau menyatakan cinta, ke London lagi.

Read the rest of this entry »