March 31

Kalau ada yang bilang ini ceritanya kayak di film Knives Out, itu salah. Ini cerita dan motifnya lebih menarik.

Secara setting film Knives Out mungkin terinspirasi dari buku ini. Tentang kakek tua kaya raya, punya beberapa anak dan berkumpul lalu terjadi pembunuhan. Dia Simeon Lee yang pada malam natal mati terbunuh di rumahnya sendiri. Dalam rumah itu ada anak-anak, menantu juga cucunya.
Sebagai yang punya orangtua kaya raya, ya jelas kematiannya menimbulkan pertanyaan tentang warisan keluarga. Padahal beberapa jam sebelum kematiannya, Simeon menelpon polisi karena berlian-berliannya dicuri orang.

Kematiannya mengerikan, darah di mana-mana dan sepertinya pembunuhan ruang tertutup, karena kamar tersebut dikunci dari luar.
Seperti cerita Agatha Christie yang menampilkan kejeniusan Hercule Poirot yang lainnya, saya mulai paham bagaimana cerita dibangun, orang-orang di tempat kejadian perkara ditanyai satu per satu, pembaca ikutan digiring untuk ikut menebak siapa pembunuhnya. Beberapa kebohongan terbongkar dan beberapa kebenaran terungkap.

Dan……, misteri pembunuhan ini terkuak dengan kebengongan pas baca bagian akhir karena tebakan saya salah dan ini benar-benar di luar dugaan. Padahal beberapa kunci kasus ini terlihat di awal cerita memang. Sungguh Poirot yang cerdas.

Tahun ini saya kembali ikut tantangan baca Agatha Christie. Tantangan baca dari Gramedia Pustaka Utama yang diadakan dari Januari – Juni 2020 ini dan juga tantangan baca dari Sel-Sel Kelabu sebagai komunitas pembaca Agatha Christie. Tahun ini merupakan 100 tahun Agatha Christie berkarya.

Jika ada yang mikir saya punya banyak buku Agatha Christie, itu salah gaes. Saya hanya punya 4 buku secara fisik. Dua buku yang saya dapat dari menang tantangan baca tahun lalu, 1 buku hadiah dari teman, dan 1 buku lagi hasil beli diskonan tahun lalu, selebihnya yang saya baca sejauh ini adalah ebook yang saya pinjam baca dari Gramedia Digital dan Ipusnas.

Saya adalah pembaca baru Agatha Christie, mengikuti tantangan baca adalah salah satu upaya saya lebih banyak baca tentang karya beliau yang disukai banyak orang