February 26

Pembunuhan di Sungai Nil mengingatkan saya dengan cerita Pembunuhan di Orient Express. Secara keseluruhan gaya penceritaannya sama, masih dengan Hercule Poirot sebagai tokoh utama penguak misteri pembunuhannya.

Linnet Ridgeway adalah seorang perempuan muda yang cantik dan kaya raya di Inggris. Dia mewarisi harta kekayaan dari orangtuanya. Banyak yang lalu iri dengan kesempurnaan yang Linnet miliki. Linnet tidak hanya cantik dan kaya, tapi dia juga sudah terlatih mengelola bisnis yang diwarisinya.

Suatu hari Linnet bertemu dengan seorang teman yang ia kenal baik dan sudah lama tidak bertemu, Jackie de Bellefort. Si Jackie membawa tunangannya, Simon Doyle mau minta tolong sama Linnet biar Si Simon dikasih kerjaan gitu. Katanya Simon dipecat dari pekerjaannya, trus mereka mau nikah tapi gak punya duit. Karena Si Linnet mengenal Jackie ini jarang minta tolong (juga gak minta duit padahal Linnet tahu Jackie miskin), ya udah lah ya ditolongin Simonnya.

Gak lama tersiar kabar, Linnet menikah dengan Simon. Hah? Kok bisa? Mereka berdua merencanakan bulan madu di kapal melintasi Sungai Nil. Ternyata di kapal tersebut banyak orang terkait kehidupan Linnet yang juga ikut serta, ada walinya Linnet dari Amerika, ada suruhan pengacara Linnet, ada mantan pacar pegawai Linnet, penulis buku, detektif Poirot yang lagi liburan juga ada Jackie. Bisa ditebak, dalam perjalanan kapal tersebut, Linnet ditemukan tewas, mutiara yang dipakainya pun hilang. Tak cuma itu, ada kematian lainnya dalam kapal tersebut.

Misterinya jelas bikin kening berkerut, Oma Agatha Christie memang luar biasa menceritakannya dengan tokoh cerita detektif ternama, hercule Poirot. Alibi ditanyai satu per satu, lalu pembaca diajak menebak siapa pembunuh dan bagaimana motifnya. Kasusnya terkesan ribet, berkali-kali membatin ‘si ini deh kayaknya pelaku’ trus salah, nebak lagi trus gak yakin sendiri. Ah pinter bener ini Oma bikin pembaca penasaran. Karena melibatkan banyak orang, halaman demi halaman bikin pembaca gak sabar Poirot menjelaskan misteri ini diakhir cerita. Hayo bisa nebak gak motifnya apa? Cinta? Harta?