December 18

Yeay, alhamdulilah tahun ini bisa ikutan penuh tiap bulan setor tantangan baca Goodreads Indonesia.

Jadi sebenarnya tiap tahun Goodreads Indonesia itu bikin tantangan baca yang dibagi tiap bulan dengan tema tertentu yang telah disiapkan. Ketentuannya yang mau ikutan bisa baca buku sesuai tema tiap bulannya.

Nah ini buku-buku yang saya baca tiap bulan untuk tantangan baca tahun ini.

  1. Januari : buku tentang hobi = Crochetterie
  2. Februari : buku yang menjadi film di 2019 = Bumi Manusia – Pramoedya Ananta Toer
  3. Maret : buku yang ditulis oleh dua penulis perempuan = Nagra & Aru – Inggrid Sonya & Jenny Thalia Faurine
  4. April : buku berdasarkan kisah nyata = Hello Motion – Wahyu Aditya
  5. Mei : buku yang seharusnya dibaca pada 2018 = Selimut Debu – Agustinus Wibowo
  6. Juni : buku bersetting luar angkasa = The Martian – Andy Weir
  7. Juli : buku yang terinspirasi mitologi, legenda atau folklor = Mitologi Nordik – Neil Gaiman
  8. Agustus : buku yang membuatmu merasakan nostalgia = Lupus ABG – Hilman Hariwijaya
  9. September : novel debut = Melbourne Wedding Marathon – Almira Bastari
  10. Oktober : buku tentang keluarga = Dimsum Terakhir – Clara Ng
  11. November : buku rekomendasi selebritas yang dikagumi = Kim Ji Yeong Lahir Tahun 1982 – Cho Nam Joo
  12. Desember : buku yang terbit pertama kali pada 2019 = Ikan Kecil – Ossy Firstan

Semua buku yang saya baca pasti dibikin reviewnya secara singkat di halaman bukunya di Goodreads. Dari 12 daftar di atas, hanya 2 saja yang akhirnya aku tulis reviewnya di blog ini. Harusnya sih bisa lebih ya, tapi malesnya ampun gak ketolong dah. Bersyukur aja masih bisa ikutan beberapa tantangan baca buku tahun ini.

Baiknya momod di Goodreads, tiap bulan yang ikutan setor buku tantangan baca dipilih dua orang yang akan mendapatkan hadiah buku. Alhamdulilah, saya pernah dapet sekali, di tantangan bulan April. Suka lah dapet hadiah buku. Walau gak dapet hadiah pun, rasanya ikutan tantangan baca buku kayak gini tuh benar-benar memecut saya untuk baca lebih banyak, kadang tema yang gak kepikir buat saya untuk dibaca, tapi pas dibaca asyik bener bukunya.

Nah, dari 12 buku tantangan yang saya baca di atas, 6 buku fisik yang memang saya punya (senengnya punya banyak timbunan buku tuh gini, bisa milih aja mana yang mau dibaca) dan 6 lainnya berupa ebook yang saya baca via Gramedia Digital dan IPusnas.

Demikianlah wrap-up kali ini, semoga tahun depan saya bisa ikutan tantangan buku Goodreads Indonesia 2020 dengan semangat.

Selamat membaca!