June 25

Jadi, akhir bulan Mei saya sudah memenuhi tantangan baca Goodreads. Yeay!

Setiap tahun Goodreads selalu ada yang namanya Goodreads Reading Challenge. Setiap yang punya akun Goodreads bisa ikutan. Setelah tahun 2018 saya bisa membaca 148 buku dari 100 buku yang saya target kan, tahun ini saya malah sudah menyelesaikan target baca saya sebayak 120 buku.

Ya, saya sekarang sudah biasa menargetkan sedikit dulu di awal tahun, takut-takut kalo nanti diperjalanan malah loyo semangat bacanya. Tahun-tahun sebelumnya saya pernah menargetkan 100 buku di awal tahun, malah kendor di pertengahan sehingga cuma bisa baca 60an buku saja dalam tahun itu.

Dalam posting di awal tahun, saya menargetkan 60 buku, lalu bertahap nambah seiring kemampuan baca yang sepertinya masih oke. Akhirnya stop deh di angka 120 buku. Alhamdulilah, sebelum lebaran idul fitri lalu, tepatnya 30 Mei 2019 buku ke 120 kelar dibaca. Ini adalah suatu prestasi buat saya karena biasanya gak pernah secepat ini memenuhi target, apalagi baru pertengahan tahun.

Saya harus berterima kasih dengan banyaknya ebook yang bisa saya baca dan saya temukan di Gramedia Digital (thanks banget untuk teman-teman patungan premium), Ipusnas (koleksi ebooknya buanyak), Google Playbook (yang sering memberi diskon banyak ebook), Bookmate dan juga Scribd. Gak cuma itu, tantangan-tantangan baca yang saya ikuti juga membantu sekali dalam membuat saya membaca sesuai tema dan mengurangi timbunan dalam lemari yang sudah lama minta dibaca.

Ah, semoga tahun ini bisa membuka rekor baru dalam membaca lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

Mari, tetap semangat membaca!