February 25
  • Judul Buku : Very Good Lives – Hidup yang Sangat Baik
  • Penulis : J.K Rowling
  • Penerjemah : Monica Dwi Chresnayani
  • Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
  • Jumlah Halaman : 80 Halaman
  • ISBN : 9786020613765
  • Harga : Rp. 99.000

Kita tidak membutuhkan sihir untuk mengubah dunia; kita sudah memiliki semua kemampuan yang kita butuhkan.

Ada yang mungkin berharap J.K Rowling menulis buku non fiksi? Saya bukan termasuk di sana sebenarnya. Saya merasa penulis akan merasa di mana dia seharusnya berada, dalam genre yang dia lebih suka untuk menulis. Seperti yang kita tahu, J.K Rowling besar dengan Harry Potter bukan tanpa perjuangan. Saya bukan penyuka fiksi fantasi, tapi saya merasa betul-betul mencintai Harry Potter, pun dengan anak saya. Saya tidak berharap Rowling menulis buku non fiksi. Karena, menulis fiksi apalagi fiksi fantasi teramat sulit, butuh imajinasi dan itu adalah salah satu tema yang diangkat Rowling dalam buku ini.

Buku yang berjudul asli Very Good Lives dan diterjemahkan menjadi Hidup yang Sangat Baik ini adalah sebuah buku yang berisi pidata Rowling pada saat diminta untuk memberikan sambutan pada kelulusan Harvard. Yang menarik jika sekolah di luar negeri itu ya, yang memberikan sambutan ya orang-orang yang dinilai berpengaruh, bukan cuma karena kekuasaan saja.

Pada pidatonya Rowling menceritakan masa lalunya untuk memberitahukan bagaimana makna kegagalan yang ia rasakan. Terasa dari hati, sangat personal dan dikatakan dengan tidak menggurui. Ada pesan baik yang disampaikan Rowling dihadapan para lulusan Harvard kali itu, yang begitu baik hingga membuat buku ini hadir

Buku ini amat lah mudah dinikmati, hanya 80 halaman dan itu dihiasi dengan ilustrasi cantik berwarna apik yang membuat buku ini bernilai lebih lagi selain pidato Rowling yang memang baik tentunya. Dibungkus dengan hardcover, ya buku ini menjadi lebih mahal tapi saya sendiri suka, apalagi untuk menjadi sebuah kado. Bagi yang lagi mencari kado, buku ini saya rekomendasikan deh, gak banyak menyesal pun untuk dikoleksi sendiri.

Sebagaimana cerita, begitu pulalah dalam kehidupan nyata: bukan seberapa lama, tetapi seberapa baik hidupmu, itulah yang terpenting.

J.K. Rowling