January 21

Sebagai seorang yang suka baca buku apa aja, saya juga membaca buku-buku yang khusus untuk anak remaja, biasanya dilabeli dengan teenlit. Ya walau udah jauh dari usia remaja rasanya tetap gak masalah kok ya kita baca buku-buku untuk remaja. Gunanya kita bisa merekomendasikan buku-buku yang bagus untuk anak-anak kita nantinya.

Saat anak udah masuk usia remaja, komik tetap jadi pilihan memang karena dipenuhi dengan gambar yang menarik. Tapi mereka udah males baca buku-buku dongeng sebelum tidur dan rasanya agak berat juga kalo kita sebagai orangtua memberi buku-buku yang buat orang dewasa menarik tapi bagi mereka gak begitu.

Saya membaca beberapa buku untuk remaja yang sepertinya bisa menjadi rekomendasi untuk anak remaja, saya infokan berdasarkan penulis yang saya tahu dan pernah saya baca ya, ini dia;

  1. Lima Sekawan : Bagi yang anaknya suka petualangan, saya pasti merekomendasikan buku-buku Lima Sekawan, selain karena memang seru ceritanya, Enid Blyton memang mengemasnya khusus untuk anak-anak. Kalo dulu saya baca di perpustakaan sekolah, buku-buku Lima Sekawan sekarang diterbitkan ulang dan juga ada versi boxset-nya jadi para orangtua bisa beli sekaligus buat anak-anaknya. Seri petualangannya pun banyak.
  2. Harry Potter : Saya gak tahu kira-kira umur berapa anak-anak sudah bisa dikenalkan dengan cerita fantasi Harry Potter. Anak saya, Alaya baru umur 9 tahun ini saya kenalkan, dan dia suka. Karena bukunya tebal, saya memilih untuk membaca keras (didengarkan bersama) tiap sebelum tidur, bergantian kadang saya yang baca kadang Alaya yang baca. Karena banyak istilah sihir dengan nama unik dan beragam jadi pelan-pelan saja bacanya. Imajinasi dari cerita Harry Potter ini menurut saya wajib dikenalkan pada anak, agar bisa membangun imajinasinya akan sesuatu di luar hal yang nyata sehingga dia bisa menyukai cerita fantasi atau siapa tahu anak-anak ini nantinya bisa membuat cerita fantasi versinya sendiri.
  3. Goosebumps : Bagi yang suka misteri dan cerita fiksi horor bisa kenalkan dengan Goosebumps dari R.L Stine. Ceritanya beragam, horornya ya begitu mengerikan karena memang ditulis untuk anak-anak. Saya sendiri baca buku RL Stine ini di perpustakaan sekolah dulu, salah satu favorit saya deh nih. Kebanyakan yang baca adalah anak laki-laki. Serinya banyak banget dan bisa dinikmati terpisah (gak urut nomernya).
  4. Seri Touche dari Windhy Puspitadewi : Novel ini bisa dinikmati untuk anak laki-laki juga perempuan karena ceritannya tentang petualangan anak-anak dengan kemampuan luar biasa seperti bisa membaca pikiran, merasakan sesuatu, yeah seperti X-Men gitu tapi versi lokal ๐Ÿ˜€ Cerita fiksi ringan dan menarik ini, sudah ada 3 buku tapi masih bakal ada sambungannya. Oh ya, buku pertamanya bahkan sudah ada versi komiknya lho.
  5. Seri Jurnal Jo dari Ken Terate : Novel ini dikhususkan untuk anak perempuan karena memang ceritanya seperti itu. Ada 3 seri yang bisa dinikmati secara urut. Sebenarnya buku-buku Ken Terate hampir rata-rata ditujukan pada remaja dan enak banget dinikmati, bahkan untuk orang dewasa sekalipun.

Itu beberapa rekomendasi yang bisa jadi pilihan untuk para anak remaja untuk dibaca. Jika memang para orangtua belum pernah baca, iya bisa baca bareng sama anak-anaknya. Tapi menurut saya sih, orangtua wajib baca dulu baru anaknya, biar tahu apa bukunya bagus atau tidak untuk dibaca anak-anak, mungkin saja ada beberapa orangtua yang tidak menyukai anak-anaknya membaca buku ini dan itu.

Teman-teman yang punya rekomendasi buku bagus untuk anak remaja, boleh ya sekalian dishare ๐Ÿ™‚