August 3

Judul Buku : Long Way Down- Jalan Masih Panjang
Penulis : Jason Reynolds
Penerjemah : Mery Riansyah
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 320 Halaman
ISBN : 9786020385297
Harga : Rp. 82.000

60 Detik. 7 Lantai. 3 Peraturan.
Bayangkan cerita 60 detik perjalanan turun lift bisa jadi cerita sebuah buku yang mengesankan.

Ini cerita tentang Will, remaja Amerika-Afrika yang harus mengikuti 3 peraturan yang telah turun temurun dilakukan.
No. 1 : Jangan Menangis
No. 2 : Jangan Mengadu
No. 3 : Balas Dendam.

Hal pertama dan kedua telah dilakukan Will dengan baik. Dia tidak menangis juga mengadu setelah melihat kakaknya, Shawn tewas tertembak. Dalam perjalanan Will melakukan peraturan nomer tiga, yaitu balas dendam dengan membawa sepucuk pistol itulah cerita ini menjadi menarik. Dalam perjalanan turun, di dalam lift, semuanya terjadi. Ya, dalam perjalanan 60 detik itu banyak hal yang membuat Will bertanya-tanya apakah balas dendam itu adalah hal yang tepat dilakukan. Sungguh 60 detik yang terasa amat panjang menuju lantai L. Will bertemu dengan pamannya, ayahnya hingga temannya yang merupakan hasil dari balas dendam yang selama ini terjadi.

Penulisnya, Jason Reynolds menulis buku ini karena maraknya kasus penembakan Amerika-Afrika yang terjadi. Saya merasakan kengerian yang tokoh Will rasakan ketika membaca buku ini. Yang berarti penulis mengajak para pembaca untuk juga merasakan bagaimana perasaan remaja usia 15 tahun menerima kematian keluarganya. Ditambah lagi buku ini unik, ditulis dalam bentuk seperti puisi. Awalnya saya merasa ragu waktu liat bukunya ditulis seperti itu, apa bisa buku ini mendeskripsikan banyak hal, tapi ternyata keraguan itu jelas hilang setelah saya selesai membaca buku ini. Ternyata ditulis dalam bentuk seperti itu pun pesan dalam buku ini jelas terasa sekali. Ending yang cakep membuat buku ini makin menarik. Pantas aja bisa menang berbagai penghargaan dan juga masuk dalam buku terbaik pilihan pembaca Goodreads tahun 2017.

Dari sisi cover buku, saya suka. Terjemahannya pun bagus banget. Tata letak penulisan di dalam bukunya pun cakep. Ah, saya benar-benar menyukai buku ini luar dan dalam. Ini kali pertama saya membaca bukunya Jason Reynolds dan saya semakin tertarik untuk membaca buku-buku dia yang lainnya.