January 30

Judul Buku : @Tentanganak | Cerita, Curhat, dan Canda dari #Babyblues, #20PenyesalanOrangtua, Sampai #MertuavsMenantu
Penulis : Joko Dwinanto
Penerbit : Noura Books
Jumlah Halaman : 227 Halaman
ISBN : 9786021306680
Harga : Rp. 53.000

Siapa bilang seorang ayah gak bisa banyak cerita soal anak, apalagi sampe bikin buku?
Dialah Joko Dwinanto, seorang ayah yang bikin buku @Tentanganak. Memang awalnya karena banyak cuap-cuap via Twitter, jadilah buku ini terbit. Gak mau kalah sama para ayah yang mensupport ASI (Air Susu Ibu) :)

Waktu saya hamil anak pertama, saya juga demen beli buku tentang parenting (sampe sekarang juga sih), khususnya tentang gimana mengasuh bayi, dari mulai kebutuhan bayi sampe sakit yang biasanya diderita bayi. Seharusnya buku ini terbit waktu itu ya, pasti saya langsung beli :D

Tidak banyak ayah yang konsen banget ngomongin peran ayah dalam sebuah keluarga, apalagi sampe bikin akun twitter, ngobrol banyak seputar anak dan pengasuhan anak, dan bikin buku, jadi pertama saya harus bilang saya salut sama Mas Joko Dwinanto untuk hal ini.

Karena dimulai dari kicauan Twitter, buku ini pun menggunakan judul yang sama dengan akun twitternya yaitu @Tentanganak, begitu pun bab yang ada di dalam buku ini, menggunakan tagar seperti percakapan yang bisa dicari ala Twitter. Menariknya adalah cara penulis menulis buku ini seperti percakapan sehari-hari juga, tidak menggurui dan terkesan santai sekali, makanya buku ini enak banget dibaca sembari ngeteh/ngopi di pagi atau sore hari atau waktu nungguin di halte. Penuh informasi dan ringan dibaca.

Cerita dan curhat tentang anak, bagaimana sebaiknya peran ayah dalam keluarga, curhat mertua vs menantu, bagaimana rasanya baby blues sampe beberapa keperluan bayi yang bisa diirit karena gak terlalu perlu pun dibahas dalam buku ini. Gak cuma itu sih, yang paling saya suka adalah bagaimana Mas Joko Dwinanto juga memasukkan banyak pesan dalam buku ini, seperti pesan untuk jangan berbohong pada anak, untuk tidak merokok, tips dan cara untuk mulai menabung untuk dana pendidikan anak, bagaimana membiasakan anak melakukan hal baik hingga pesan yang sepertinya biasa tapi luar biasa, peluklah anakmu :)

Saya pikir buku ini wajib dipunyai dan dibaca para orangtua baru, yang lagi menunggu kelahiran anak atau bahkan yang baru menikah, tapi ya ga masalah juga kalo para orangtua yang udah punya beberapa anak juga ikut membaca. Mas Joko Dwinanto menerima segala bentuk masukan, kritik, saran, curhat, cerita juga kok yang bisa diberikan boleh melalui Twitternya di @Tentanganak atau webnya di www.tentanganak.info

Jadi, Masbro dan Buebu, Parenting is supposed to be fun. Parenting is an art. You can fail if you try too hard. Relax. Loosen up. It supposed to be fun.