August 11

God, Do You Speak English?

Judul Buku : God, Do You Speak English?
Penulis : Jeff Kristianto, Nina Silvya, Rini Hanifa
Penerbit : Renebook
Jumlah Halaman : 348 Halaman
Harga : Rp. 50.000
ISBN : 9786021915370

Pengalaman sebagai sukarelawan di negara orang membawa banyak cerita yang menarik untuk dibagi. Itulah yang dilakukan Jeff Kristianto, Nina Silvya dan Rini Hanifa, mereka menuliskannya dengan baik dalam buku ini. Tidak hanya cerita perjalanan biasa, tapi banyak pesan yang bisa diambil bagi pembaca.

Berawal dari review buku ini oleh Sang Editor sudah membuat saya tertarik sebenarnya. Tapi, karena saya udah jarang ke toko buku, saya gak tahu apa buku ini sudah masuk di toko buku di seluruh Indonesia. Sampai akhirnya, saya melihat buku ini di jejeran buku di sebuah cafe, Kopi Kultur, Bali. Menurut yang punya cafe, buku ini laris dibeli. Saya dapet rezeki, karena ternyata dibeliin deh satu sama si editor buku ini.

Klo dilihat dari judulnya, pasti kita akan mengira ini buku tentang banyak pertanyaan hidup pada Tuhan kita. Tapi, sebenarnya ini lebih ke catatan perjalanan dari ketiga orang sukarelawan di negeri orang. Di negeri dimana mereka mendapatkan banyak pengalaman hebat.

Satu per satu menceritakan pengalaman seru mereka. Mulai dari Jeff di Tajikistan, Nina di Bangladesh dan Rini di Guyana. Mulai dari hal yang paling asyik, perjalanan mereka menjadi sukarelawan hingga kecelakaan dan juga budaya setempat diceritakan dengan gaya bahasa yang enak banget dibaca, kayak baca blog personal. Pembaca bisa merasakan dekat dengan penulisnya.

Saya pribadi lebih menyukai cerita Jeff. Seru sekali. Jeff menceritakan kisah hidupnya di Tajikistan dengan jujur, sampai-sampai pas Jeff kecelakaan, saya bisa merasakan betapa sedihnya tak berdaya di negeri orang. Banyak pesan dari Jeff di setiap cerita yang dituliskannya. Ini yang membuat buku ini menjadi demikian memiliki magnet positif bagi pembaca.

Seperti Jeff, tulisan Nina dan Rini pun menarik, penuh dengan semangat relawan. Bertemu dengan orang baru yang membawa pengalaman tersendiri.

Ketika kita melihat ke atas, kita menjadi rendah diri, dan ketika kita melihat ke bawah, kita terkadang jadi tinggi hati. Lihatlah ke depan atau ke samping. Jalani apa yang bisa kita jalani, jangan pernah menyalahkan orang lain, apalagi nasib.
-Jeff-