Buku, Buku dan Buku A Room Without Books Like a Body Without Soul

Review Buku : The Silent Patient – Pelukis Bisu

January 7
  • Judul Buku : The Silent Patient – Pelukis Bisu
  • Penulis : Alex Michaelides
  • Penerjemah : Rini Nurul Badariah
  • Jumlah Halaman : 400 Halaman
  • Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
  • ISBN : 9786020633909
  • Harga : Rp. 99.000

Kalo baca buku misteri thriller gitu memang sering banget bikin penasaran, ya akhirnya bacanya bablas sampe tengah malem, kayak buku ini nih, Pelukis Bisu.

Judul buku ini terjemahannya Pelukis Bisu tapi judul aslinya The Silent Patient. Terbit pada Desember 2019 menurut saya ini buku termasuk yang cepat sekali diterjemahkan. Bukunya sendiri rilis di Februari 2019, trus akhir tahun 2019 menang sebagai buku terbaik kategori misteri dan thriller pilihan pembaca Goodreads. Wajar banget sih menang, ceritanya memang bagus.

Motivasi awal baca buku ini karena tantangan baca bulan Januari 2020 yaitu temanya buku yang menang penghargaan di 2019. Tadinya mau baca Teh dan Pengkhianat-nya Iksaka Banu tapi ternyata buku itu kumpulan cerita, jadi diputuskan baca The Silent Patient aja via Gramedia Digital. Baca buku fiksi memang bisa lebih cepat kalo bukunya bagus dan menarik.

Read the rest of this entry »

Pencapaian 2019 : Bisa Baca 225 Buku

January 1

Selamat tahun baru 2020.

Seperti biasa, tiap tahun Goodreads Indonesia selalu menerbitkan pencapaian tahunan kita dalam membaca. Tahun 2019 menjadi tahun rekor pribadi buat saya, yang bisa menyelesaikan baca buku sebanyak 225. Jumlah ini adalah jumlah paling banyak yang pernah saya lalui. Ternyata saya bisa lho baca buku sebanyak itu ya. Bangga lah sama diri sendiri.

Tahun 2019 saya banyak baca buku puisi, tentunya buku-bukunya minjem dari perpus atau baca ebook dari Gramedia Digital dan IPusnas, juga beberapa aplikasi tempat baca ebook lainnya. Dari mulai nama-nama besar seperti Joko Pinurbo, Sapardi Djoko Damono, WS. Rendra hingga nama-nama penyair muda kayak Adimas Imanuel, Aan Mansyur, Faisal Oddang dan nama lainnya.

Read the rest of this entry »

Wrap up Tantangan Baca Fiksi Metropop 2019

December 31

Akhir tahun tiba, saatnya wrap up tantangan baca fiksi Metropop 2019. Awal banget agak maju mundur mau ikutan tantangan baca Metropop ini, karena kategorinya lumayan banyak, agak gak yakin bisa ngikutin semua, cuma ya bismillah aja deh.

gambar dari redwing.lib.mn.us

Alhamdulilah ternyata tantangan baca ini bisa membuat saya membabat buku-buku timbunan lumayan banyak. Hampir semua buku fisik lini Metropop yang saya punya di dalam lemari tumpukan bisa dibaca kelar tahun ini, ya walau masih menyisakan beberapa buku (karena gak masuk kategori tantangan tahun ini) lumayan banget ini.

Sebanyak 29 buku dari lini Metropop bisa saya baca tahun ini. Yeay. Jumlah yang lumayan banyak buat saya pribadi, setidaknya saya bangga juga lah ternyata saya bisa dipecut biar baca buku banyak. Hampir separuh dari jumlah itu adalah ebook, saya baca dari Gramedia Digital.

Read the rest of this entry »

Wrap-Up Tantangan Baca Goodreads Indonesia 2019

December 18

Yeay, alhamdulilah tahun ini bisa ikutan penuh tiap bulan setor tantangan baca Goodreads Indonesia.

Jadi sebenarnya tiap tahun Goodreads Indonesia itu bikin tantangan baca yang dibagi tiap bulan dengan tema tertentu yang telah disiapkan. Ketentuannya yang mau ikutan bisa baca buku sesuai tema tiap bulannya.

Read the rest of this entry »

Review Buku : Mantappu Jiwa – Jerome Polin Sijabat

September 25
  • Judul Buku : Mantappu Jiwa
  • Penulis : Jerome Polin
  • Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
  • Jumlah Halaman : 224 Halaman
  • ISBN : 9786020632414
  • Harga : Rp. 95.000

Karena ketika orang lain meragukan kita, siapa lagi yang bisa percaya sama diri ini kalau bukan kita sendiri.

#rumusjerome

Buku ini waktu dirilis, di Whatsapp Grup GRI jadi ada yang nanya, siapa Jerome Polin? Termasuk saya yang gak tahu ini orang siapa. Ternyata ada yang bilang, kalo Jerome adalah seorang Youtuber yang dapet beasiswa sekolah di Jepang dan suka banget matematika dan juga sering banget bantuin followernya bahas soal matematika. Dari sana saya dapet gambaran siapa itu Jerome, walaupun belum pernah liat akun sosial medianya juga channel Youtubenya.

Mantappu Jiwa adalah kalimat yang diucapkan Jerome di channel Youtubenya, kayaknya sih dari istilah yang memang ngetren zaman sekarang yaitu ‘mantap jiwa’ buat suatu hal yang dirasa luar biasa (Ya, penjelasan ini bagi yang mungkin baca entah nanti di tahun kapan).

Read the rest of this entry »

Wrap Up – Tantangan Baca Buku Agatha Christie 2019

September 23

Jadi, ada tantangan baca buku Agatha Christie dari tanggal 13 – 22 September 2019. Pas tau infonya di Twitter lalu saya dengan semangat lah untuk ikutan. Sebagai pembaca pemula Agatha Christie, saya mulai cari tahu buku-buku mana saja yang akan saya baca dalam 10 hari tersebut.

Tantangan baca buku Agatha Christie ini dibuat oleh @Selselkelabu yaitu Komunitas Pembaca Buku Agatha Christie di Indonesia dan Gramedia Pustaka Utama sebagai penerbit buku-bukunya Agatha Christie. Mungkin tantangan baca ini sudah dibuat tiap tahun, tapi saya aja yang baru ngeh.

Saya pastinya sudah sering lihat buku-bukunya Agatha Christie (AC) di perpustakaan sekolah waktu SMP-SMA. Bisa dibilang SMA saya dulu punya banyak koleksi bukunya AC, sayangnya saya lebih milih baca yang lain waktu itu, karena buku misteri terlalu suram menurut saya waktu itu untuk dibaca. Takut ngeri sendiri kali ya dulu.

Read the rest of this entry »

Target Baca Goodreads Terlewati

June 25

Jadi, akhir bulan Mei saya sudah memenuhi tantangan baca Goodreads. Yeay!

Setiap tahun Goodreads selalu ada yang namanya Goodreads Reading Challenge. Setiap yang punya akun Goodreads bisa ikutan. Setelah tahun 2018 saya bisa membaca 148 buku dari 100 buku yang saya target kan, tahun ini saya malah sudah menyelesaikan target baca saya sebayak 120 buku.

Ya, saya sekarang sudah biasa menargetkan sedikit dulu di awal tahun, takut-takut kalo nanti diperjalanan malah loyo semangat bacanya. Tahun-tahun sebelumnya saya pernah menargetkan 100 buku di awal tahun, malah kendor di pertengahan sehingga cuma bisa baca 60an buku saja dalam tahun itu.

Dalam posting di awal tahun, saya menargetkan 60 buku, lalu bertahap nambah seiring kemampuan baca yang sepertinya masih oke. Akhirnya stop deh di angka 120 buku. Alhamdulilah, sebelum lebaran idul fitri lalu, tepatnya 30 Mei 2019 buku ke 120 kelar dibaca. Ini adalah suatu prestasi buat saya karena biasanya gak pernah secepat ini memenuhi target, apalagi baru pertengahan tahun.

Read the rest of this entry »
« Older Entries